Friday, 19 April, 2024

Mengenal Apa Itu Cloud Kitchen dan Cara Kerjanya


cloud kitchen

Era digitalisasi memang memicu munculnya banyak inovasi-inovasi baru di berbagai bidang, salah satunya di bidang bisnis kuliner. Jika akan membuka bisnis kuliner, Anda mungkin akan menemukan istilah cloud kitchen atau dapur awan. Apa sebenarnya dapur awan ini? Berikut pembahasan selengkapnya:

Pengertian

Dapur awan juga dikenal dengan nama ghost kitchen merupakan jenis bisnis yang berbasis komputasi awan. Bisnis yang diciptakan untuk bisnis kuliner ini memungkinkan sebuah brand untuk menyewa dapur awan. Fasilitas yang ditawarkan berupa fasilitas dapur bersama dan fasilitas teknologi. Dengan adanya layanan ini, Anda tidak perlu membuat dapur dan teknologi yang dibutuhkan untuk jualan online. Selain itu, fasilitas dari dapur awan sudah lengkap sesuai kebutuhan pelanggan.

cloud kitchen
cloud kitchen

Cara Kerja

Berikut ini adalah pembahasan mengenai cara kerja dari dapur awan:

  • Tersedia penyewaan dapur awan

Pengelola dapur awan memiliki sebuah dapur pusat yang ukurannya besar. Dapur tersebut bisa digunakan oleh pebisnis kuliner yang akan berperan sebagai penyewa. Ada bilik-bilik tertentu yang memisahkan antara brand satu dan lainnya.

  • Pemilik bisnis menyewa

Anda sebagai pemilik bisnis bisa menyewa dapur awan dengan kesepakatan harga masing-masing. Karena dapurnya di sewa, maka Anda hanya bisa menawarkan layanan pesan antar. Anda tidak bisa mendapatkan pelanggan yang makan di tempat.

  • Pemilik bisnis mendapatkan orderan secara online

Bisnis ini juga menawarkan layanan teknologi berupa toko online untuk pemesanan online. Nanti Anda akan mendapatkan pesanan makanan dari pelanggan secara online. Pesanan tersebut akan diteruskan ke pihak dapur Anda. Apabila sudah selesai, maka produk akan dikemas dan diantarkan melalui jasa kurir makanan. Hal tersebut akan terus berlanjut sampai produk yang Anda jual habis.

Itulah pembahasan mengenai cloud kitchen atau dapur awan yang perlu Anda pahami terlebih dahulu. Tertarik untuk menggunakannya? Anda bisa bergabung dengan Unilever Food Solutions untuk memahami lebih dalam mengenai bisnis kuliner. Banyak chef-chef profesional dan berpengalaman yang bisa memberikan ide menarik untuk bisnis Anda. Website resmi dari Unilever Food Solutions bisa diakses di www.unileverfoodsolutions.co.id

0 comments on “Mengenal Apa Itu Cloud Kitchen dan Cara Kerjanya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *