Saturday, 01 October, 2022

Steril Kucing: Ketahui Manfaat Apa Saja yang Akan Diberikan!


steril kucing

Pengebirian atau proses steril kucing merupakan salah satu metode operasi untuk mengeluarkan organ reproduksi kucing, seperti pada bagian indung telur dan juga testis. Sterilisasi pada kucing jantan atau betina ini, sebaiknya dilakukan ketika sudah menginjak usia 4 bulan. Atau waktu terbaik untuk sterilisasi pada kucing ini adalah ketika kucing sudah diberikan vaksinasi utama. 

Manfaat sterilisasi kucing 

Selain bisa menjadi salah satu langkah pencegahan kucing bisa melahirkan terlalu banyak anak, steril kucing ini nyatanya menyimpan berbagai manfaat yang cukup menarik. Penasaran apa sajakah itu? Berikut diantaranya: 

steril kucing
steril kucing
  1. Membuat kucing merasa lebih betah dirumah

Kucing yang tidak dikebiri, secara naluriah biasanya akan memiliki rasa dorongan kuat untuk berkeliaran diluar rumah. Apalagi ketika memasuki musim kawin, kucing ini selalu mencari kucing lainnya untuk menyalurkan hasrat ingin berkembang biaknya. 

Dengan begitu ketika kucing Anda sudah di sterilisasi, maka kemungkinan kucing untuk bisa lebih betah dirumah akan terwujudkan dengan lebih mudah. 

    2.Meredam sifat agresif pada kucing

Persaingan di antara kucing jantan biasanya akan berujung pada tindak perkelahian di antara keduanya. Namun setelah kucing sudah di sterilisasi, maka secara tidak langsung akan membantu meredam tindakan agresif yang kucing miliki secara alami. 

    3.Mencegah terkena penyakit tertentu

Sudah banyak sekali penelitian yang menunjukan bahwa dengan melakukan proses sterilisasi pada kucing ini, bisa membuat hidupnya menjadi lebih sehat dan berumur panjang. Pada kucing betina, prosedur sterilisasi ini bisa membantu mencegah terjadinya penyakit infeksi rahim, kanker ovarium, serta kanker rahim. 

Sementara pada kucing jantan, dengan melakukan prosedur ini bisa membantu mencegah terkena penyakit kanker testis, permasalahan pada prostat, serta membantu mengurangi penyebaran virus FIV dan Feline. 

    4.Mengurangi kebiasaan spraying

Kucing dikenal sebagai salah satu hewan yang sering melakukan kegiatan spraying atau menyemprotkan urine secara sembarangan. Motifnya beragam, ada yang menjadi sebuah penanda wilayahnya, dan ada juga yang dijadikan sebagai penarik perhatian kepada lawan jenisnya. Dengan melakukan sterilisasi, maka kucing tidak akan bertindak lagi seperti demikian.

Itulah beberapa manfaat dari steril kucing, setelah melakukan prosedur ini, maka penting untuk segera melengkapi nutrisi makannya dengan memberikan produk dari Royal Canin, agar tidak mengganggu kesehatannya kemudian. 

0 comments on “Steril Kucing: Ketahui Manfaat Apa Saja yang Akan Diberikan!

Leave a Reply

Your email address will not be published.