Friday, 19 July, 2024

Mengapa Harga Kalung Emas 24 Karat Lebih Mahal? Ini Dia Jawabannya!


harga kalung emas 24 karat

Mungkin ada banyak pertanyaan mengapa harga kalung emas 24 karat harganya lebih mahal dibanding dengan kalung yang terbuat dari emas di bawahnya seperti 18, 16 atau 12 karat. Hal tersebut tidak lain dan tidak bukan karena kalung emas 24 karat sangat jarang ditemukan di pasaran sehingga jika Anda menginginkannya, maka Anda harus memesannya terlebih dahulu atau membuatnya secara custom.

Emas 24 karat sendiri merupakan nilai tertinggi yang tingkat kemurniannya mencapai hingga 99%. Lalu mengapa emas tersebut sangat jarang dijadikan sebagai material perhiasan termasuk kalung? Hal tersebut karena karakter dari emas 24 karat yang terlalu lunak dan rentan akan goresan. Sementara itu, emas yang ideal untuk dijadikan sebuah kalung yaitu emas yang memiliki karat 18 karat atau tingkat kemurniannya sebesar 75%. 

Satu yang pasti, semakin tinggi nilai karat emas pada sebuah perhiasan, maka artinya kandungan emas yang ada di dalamnya pun semakin banyak dan campuran logam lain nya lebih sedikit.

Lalu, berapakah karat emas yang bagus untuk dipilih sebagai material pembuatan kalung? Berikut Kami hadirkan daftar persentase kandungan logam mulia emas pada sebuah perhiasan.

  • Perhiasan 10 karat mengandung emas murni 41% dan 59% campuran logam lain.
  • Perhiasan 14 karat mengandung emas murni 58% dan 42% campuran logam lain.
  • Perhiasan 15 karat mengandung emas murni 62% dan 38% campuran logam lain.
  • Perhiasan 18 karat mengandung emas murni 75% dan 25% campuran logam lain.
  • Perhiasan 19 karat mengandung emas murni 78% dan 23% campuran logam lain.
  • Perhiasan 20 karat mengandung emas murni 82% dan 18% campuran logam lain.
  • Perhiasan 21 karat mengandung emas murni 86% dan 14% campuran logam lain.
  • Perhiasan 22 karat mengandung emas murni 90% dan 10% campuran logam lain.
  • Perhiasan 23 karat mengandung emas murni 94% dan 6% campuran logam lain.
  • Perhiasan 24 karat mengandung emas murni 99%-10% yang merupakan emas murni tanpa ada campuran logam lainnya.

Setelah mengetahui beberapa penjelasan diatas, jangan sampai salah beranggapan bahwa emas yang bagus untuk perhiasan adalah emas yang mendekati 24 karat, ya!

Pasalnya, emas dengan kadar 24 karat justru kurang cocok untuk dijadikan sebagai perhiasan karena karakternya yang terlalu lunak, mudah terkena goresan hingga mudah berubah ketika berada di suhu yang terlalu tinggi.

Jadi, meskipun harga kalung emas 24 karat lebih tinggi, akan tetapi kalung yang menjadikan emas dengan nilai karat tertinggi tersebut kurang ideal. Emas yang bagus untuk kalung bukanlah dari jenis murni 24 karat.

Lalu kalung emas apakah yang paling ideal? Menurut para ahli perhiasan dunia, kadar emas yang sangat baik untuk sebuah perhiasan termasuk kalung adalah emas yang dengan kadar karat 18 karat atau yang tingkat kemurniannya 75%.

Pasalnya emas 18 karat yang memiliki kandungan emas sebesar 75% dan 25% logam lain tersebut dinilai merupakan kombinasi yang cocok untuk mempertahankan perhiasan tetap cantik dalam jangka waktu panjang.

Selain itu, emas 18 karat juga tidak akan mudah berubah bentuk selama proses pembuatannya, memiliki karakter yang lebih kuat, dan tetap mampu mempertahankan kilauan indah emas itu sendiri.

Nah, itulah dia jawaban mengapa harga kalung emas 24 karat lebih mahal beserta rekomendasi kadar karat yang tepat untuk sebuah kalung emas. Jika Anda berniat untuk membeli kalung emas ataupun perhiasan emas lainnya, pastikan Anda hanya membelinya di The Palace Jeweler, ya!

0 comments on “Mengapa Harga Kalung Emas 24 Karat Lebih Mahal? Ini Dia Jawabannya!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *