Tuesday, 06 December, 2022

Anjuran Ahli Gizi Terkait Pola Makan Sehat Dan Tepat


Ahli Gizi

Menurut para ahli gizi, menjaga asupan nutrisi melalui pola makan sehat adalah hal yang penting dilakukan. Namun, agar bisa mendapatkan manfaat yang maksimal dari setiap nutrisi yang dikonsumsi, pola makan pun juga harus dilakukan dengan tepat dan tentu perlu disesuaikan dengan kondisi kesehatan tubuh masing-masing.

Nah, agar Anda tidak salah langkah, perlu untuk Anda mengetahui penerapan pola makan yang tepat berdasarkan anjuran ahli gizi.

Pola Makan Sehat Sesuai Anjuran Ahli Gizi

Berikut ini adalah beberapa ajaran dari ahli gizi tentang makanan sehat serta cara terbaik dalam mengkonsumsinya:

  • Tambah asupan protein

Anjuran pola makan sehat yang pertama yaitu menambah asupan protein. Protein merupakan nutrisi utama yang sangat dibutuhkan oleh tubuh dalam proses pembentukan otot, kulit, hormon, serta hampir semua sel dan jaringan pada sistem organ tubuh.

Selain itu, sumber makanan yang mengandung protein tinggi juga bermanfaat untuk membantu menurunkan berat badan. Hal ini dikarenakan senyawa protein mampu untuk meningkatkan metabolisme tubuh sehingga massa otot dan pembakaran lemak bertambah serta dapat memberikan efek kenyang yang lebih lama.

Ahli Gizi
Ahli Gizi

Asupan protein sangat baik bagi Anda yang sedang menjaga atau sedang dalam program menurunkan berat badan. Kebutuhan protein harian yang direkomendasikan adalah sekitar 46 gram untuk wanita dan 56 gram untuk pria.

Sumber protein bisa didapatkan dari beberapa makanan seperti telur, daging tanpa lemak, oatmeal, susu, brokoli, kacang lentil, dan beberapa makanan laut seperti ikan dan udang.

  • Konsumsi lemak baik

Terdapat dua jenis lemak yang baik untuk tubuh, diantaranya lemak tak jenuh tunggal dan lemak tak jenuh ganda seperti asam lemak omega-3.

Kedua jenis lemak tersebut mampu meningkatkan kadar kolesterol baik (HDL) darah dan menurunkan risiko terkena penyakit jantung dan stroke. Asupan harian lemak sehat yang direkomendasikan adalah 50–80 gram per hari.

Beberapa makanan yang bisa menjadi sumber lemak baik diantaranya alpukat, kacang almond, kacang mete,kacang kedelai, minyak zaitun, minyak canola, selai kacang, ikan salmon, tahu dan juga tempe.

  • Pilih karbohidrat kompleks

Selain dua nutrisi diatas, nutrisi lain yang diperlukan tubuh adalah karbohidrat kompleks. Seperti halnya protein, karbohidrat kompleks juga merupakan sumber energi untuk tubuh. Di dalam karbohidrat kompleks terkandung vitamin, mineral, dan serat.

Contoh makanan yang mengandung karbohidrat kompleks dan baik untuk kesehatan tubuh

diantaranya adalah nasi, pasta, roti, kacang-kacangan, biji-bijian, brokoli, wortel, apel, dan pisang.

  • Konsumsi susu dan produk olahan susu

Susu merupakan salah satu sumber tinggi kalsium yang baik untuk tubuh. selain itu, produk olahan susu seperti yoghurt juga sangat baik karena mengandung protein hewani, kalsium, kalium, vitamin B2, vitamin B12, dan magnesium. selain itu yoghurt juga diketahui kaya akan bakteri baik atau probiotik yang mampu untuk meningkatkan daya tahan tubuh dan menyehatkan pencernaan.

Yoghurt dapat mengatasi diare pada anak-anak dan melancarkan pencernaan. Agar lebih nikmat, Anda bisa mengkonsumsi yoghurt dengan mengkombinasikan yoghurt dengan potongan beberapa jenis buah segar, seperti stroberi, nanas, atau taburi dengan flaxseed.

  • Konsumsi serat

Serat sangat diperlukan untuk memelihara kesehatan pencernaan, terutama usus. Beberapa jenis serat juga dapat membantu Anda menurunkan berat badan dan gula darah.

Asupan harian serat yang direkomendasikan sejumlah 25 gram untuk wanita dan 38 gram untuk pria. Beberapa makanan yang mengandung serat tinggi adalah buah pir, stroberi, pepaya, apel, pisang, brokoli, lentil, sereal, bubur gandum, dan ubi.

Itulah beberapa anjuran pola makan sehat yang direkomendasikan oleh para ahli gizi untuk menjaga kesehatan tubuh dan menjaga berat badan yang ideal. Untuk informasi lebih lanjut tentang pola hidup sehat, Anda bisa mengunduh aplikasi Sirka.io yang sudah tersedia di Play Store dan App Store. Sirka.io adalah aplikasi yang dapat menjawab permasalahan diet, berat badan ideal dan juga pola makan sehat yang didampingi oleh ahli gizi berlisensi & terakreditasi.