Tuesday, 06 December, 2022

Sejarah Mitsubishi Indonesia dari Masa ke Masa


Mitsubishi Indonesia

Pada tahun 2022 ini, Mitsubishi Indonesia berhasil mencapai usia 22 tahun. Didirikan sejak tahun 1970, Mitsubishi memiliki tempat tersendiri di hati masyarakat Indonesia. Setiap varian yang baru diluncurkan selalu terjual laris di pasar. 

Mitsubishi Indonesia, Pabrikan Mobil Legendaris Dunia

Mitsubishi Indonesia
Mitsubishi Indonesia

Pada tahun 1970, Mitsubishi Motors Corporation resmi didirikan. Sebelum masuk sebagai Mitsubishi Indonesia, MMC ini merupakan divisi otomotif dari Mitsubishi Heavy Industries, Ltd. Sebagian besar pabriknya pun dipindahkan ke Mitsubishi Motors Corporation. 

Sejak tahun 1970 itu pula mobil Mitsubishi mulai diperkenalkan ke khalayak ramai. Semenjak itu pula mobil berkualitas keluaran MMC semakin digemari oleh masyarakat dunia. Di setiap era, Mitsubishi tidak pernah gagal dalam menghadirkan mobil dengan teknologi tercanggih. 

Berikut adalah sejarah Mitsubishi Motors Corporation atau MMC pada setiap dekadenya. 

1970

Meski baru didirikan, Mitsubishi berhasil menoreh prestasi dengan ikut serta dalam Japan Grand Prix perdana. Pada saat itu, mobil yang digunakan adalah Colt F2000. Dalam ajang balap bergengsi Jepang tersebut, Cold F2000 berhasil meraih juara hingga lima kali. 

Tidak heran jika mobil tersebut berhasil meraih gelar juara. Mengingat mesin yang digunakan mengaplikasikan teknologi pesawat. Teknologi yang belum pernah dijumpai ada mobil lain di kelas yang sama. 

Pada dekade 1970-an ini, kiprah Mitsubishi di ajang balap mulai dikenal. Tidak hanya dalam balap formula, tetapi juga di ajang reli dunia. Mitsubishi Galant GTO dan juga Lancer 1600 GSR yang digunakan dalam ajang reli berhasil meraih gelar juara Southern Cross Rally dan WRC Safari Rally. Dua mobil ini pula yang menjadi sumber inspirasi munculnya sedan Galant dan Lancer yang fenomenal. 

1980

Setelah berhasil meluncurkan mobil sedan seri Galant dan Lancer. Mitsubishi pun mulai mengembangkan mobil SUV. Mereka pun memperkenalkan Pajero yang sukses menjadi SUV legendaris dengan penggerak empat roda yang mereka kembangkan. 

Di peluncuran perdana, Pajero memiliki body pendek dengan 3 pintu. Sedangkan atap yang digunakan terbuat dari material kanvas dan aluminium. Di tahun 1983, baru mereka mulai memperkenalkan body yang lebih panjang untuk Pajero. Perubahan ini pun disambut dengan baik oleh pelanggan setia Mitsubishi. 

1990

Sukses dengan Pajero, Mitsubishi masih belum merasa puas. Terbukti dengan banyak varian yang fenomenal di kalangan penggemar mobil. Dimulai dari Mitsubishi Eclipse dengan setir di bagian kiri, hingga Mitsubishi GTO yang memiliki penggerak empat roda. 

Mereka juga meluncurkan mobil reli yang kembali menghebohkan khalayak luas, yakni Lancer Evolution.  Mobil tersebut memenuhi syarat yang diajukan yakni harus diproduksi secara massal. Hingga akhir 199an, MMC berhasil meluncurkan 6 generasi Lancer Evolution. 

2000

Memasuki era milenium, Mitsubishi tidak hanya memproduksi sedan Lancer Evolution. MMC juga berhasil memasarkan mobil penumpang untuk beberapa negara. Salah satunya adalah mobil keluarga MPV Mitsubishi Grandis. Grandis sendiri adalah generasi berikutnya dari MPV Chariot. 

2010

Semakin matang usianya, perusahaan ini pun terus meluncurkan berbagai varian baru. Mitsubishi MPV berbadan kompak, sukses besar meraih hati konsumen. Selanjutnya Mitsubishi Motors juga memperkenalkan Mitsubishi Xpander disertai Xpander Cross. 

Mitsubishi Xpander tidak hanya populer di Indonesia, tetapi juga di negara lain di ASEAN. Selanjutnya diluncurkan pula mobil ramah lingkungan dengan konsep SUV. Sehingga disambut dengan baik oleh Eropa. 

Demikian perjalanan Mitsubishi Motors Corporation serta Mitsubishi Indonesia. Perusahaan otomotif ini selalu berhasil meraih sukses dengan berbagai varian mobil. Produksi mereka juga selalu terjual laris.