Wednesday, 17 August, 2022

Penyebab dan Cara Mengatasi Gatal-Gatal Pada Anjing


gatal gatal pada anjing

Anjing suka menggaruk-garuk karena gatal? Hal tersebut tidak boleh Anda biarkan. Pasalnya, ada banyak penyebab gatal gatal pada anjing yang beberapa di antaranya harus segera diatasi. Namun jangan khawatir, karena di artikel ini kami akan coba jelaskan kepada Anda cara mengatasinya.

Untuk mengetahui cara mengatasinya, Anda pun harus mengetahui apa penyebabnya. Berikut kami jelaskan penyebab dan juga cara mengatasinya kepada Anda.

1.      Gatal Akibat Alergi

Alergi merupakan salah satu penyebab gatal pada anjing. Alergi bisa diakibatkan oleh makanan maupun lingkungan. Gatal akibat alergi juga bisa menyebabkan iritasi pada kulit anjing.

Untuk mengatasinya, Anda harus mengetahui penyebab alerginya. Jika dari makanan, kurangi makanan yang menyebabkan alergi. Atau ganti makanan yang mengakibatkan alergi. Jangan lupa juga untuk menjaga kebersihan dan kesehatan kulit anjing.

gatal gatal pada anjing
gatal gatal pada anjing

2.      Gatal Akibat Bakteri

Ada salah satu jenis bakteri yang dapat mengakibatkan gatal pada kulit anjing. Bakteri tersebut bernama folikulitis yang merupakan infeksi yang dapat menyebabkan luka, koreng, bahkan benjolan.

Cara perawatannya yaitu dengan memberi antibiotik oral dan salep antibakteri. Selain itu juga bisa menggunakan sampo khusus. Anda juga bisa berkonsultasi dengan dokter hewan jika gatal akibat alergi ini tidak bisa diatasi.

3.      Kondisi Kulit Impetigo

Impetigo adalah kondisi kulit yang umum terjadi pada anjing. Masalah kulit ini dapat menyebabkan kulit anjing melepuh dan bahkan berisi nanah yang mengeras atau bisa juga dipecah.

Kondisi ini biasanya terjadi pada bagian perut yang tidak berbulu. Namun, kondisi penyakit ini jarang menjadi gangguan kesehatan yang serius. Artinya, kondisi kulit ini tergolong mudah diatasi, salah satunya dengan larutan topikal.  

4.      Kurap Pada Anjing

Penyakit kurap tidak hanya sering terjadi pada manusia. Kurap sendiri merupakan penyakit kulit yang diakibatkan oleh jamur. Kurap pada anjing biasanya menimbulkan bercak yang melingkar dan biasanya terjadi di area kulit mana saja.

Kondisi kurap juga sering terjadi di bagian cakar, telinga, kaki, dan juga kepala. Penyakit ini tidak boleh dibiarkan. Pasalnya, kurap bisa menimbulkan kerontokan pada bulu, kulit bersisik, hingga peradangan.

Itulah cara mengatasi gatal gatal pada anjing sesuai dengan penyebabnya. Jangan lupa juga untuk memberi makanan terbaik seperti dari Royal Canin.