Blog Terbaik Seputaran Informasi

Jurusan Kuliah Design yang Jarang Diketahui Orang Banyak

6

Apakah kamu sekarang adalah seorang calon mahasiswa baru yang sedang gencarnya menentukan kampus pilihan kamu sendiri? Hal ini tentu sudah sangat biasa dialami setiap orang saat sudah mendekati detik-detik akhir masa sekolahnya.

Seorang siswa tingkat akhir akan dihadapkan dengan berbagai macam pilihan kampus dengan beragam jurusan. Maka dari itu jika kamu merasa memiliki bakat seni menggambar atau desain, akan lebih baik jika kamu mengenal jurusan kuliah design berikut ini.

  • Design Grafis dan DKV (Desain Komunikasi Visual)

Jurusan ini merupakan bidang ilmu yang mempelajari segala macam hal tentang desain dan juga yang berkaitan dengan grafis, skema, illustrator, dan lainnya. apabila kamu sudah berniat sekali untuk melanjutkan pendidikan kamu untuk kuliah design, maka tidak ada salahnya jika kamu mulai mempelajari berbagai macam tools yang digunakan dalam menciptakan sebuah karya graphic design seperti quark xpress, corel draw, adobe photoshop, dan tools lainnya.

  • Periklanan

Selanjutnya yaitu jurusan periklanan. Iklan sendiri berguna sebagai media promosi sebuah produk baik dalam bentuk cetak, internet, televisi, radio, atau pun media daring. Jadi, bagi kamu yang akan melanjutkan pendidikan di jurusan ini maka di masa depan nanti prospek kerja kamu akan lumayan tinggi seperti ditempatkan sebagai manager promosi dan periklanan, analisis media, spesialis hubungan masyarakat, dan juga profesi lainnya.

  • Teknologi Games

Apakah kamu suka dengan hal yang berkaitan dengan games dan desain dalam waktu yang bersamaan? Cocok sekali! Kamu harus mencoba mendaftarkan diri kamu ke jurusan kuliah design yang satu ini. Matakuliah yang akan didalami di jurusan ini yaitu seperti engine games, system games, algoritma, dan matakuliah lain yang berkaitan.

kuliah design
kuliah design
  • Arsitek

Arsitektur juga merupakan salah satu jurusan yang masih linier dengan desain grafis. Tentu kamu sudah paham betul dengan tugas yang dikerjakan oleh seorang arsitektur seperti membuat perencanaan bentuk sebuah bangunan dan juga menggambar desain bangunannya. Sampai saat ini arsitek masih menjadi favorit di kalangan calon mahasiswa baru.

  • Desain Interior dan Eksterior

Nah, apabila antara desain grafis dan arsitektur masih memiliki keterkaitan antara satu sama lain. Selanjutnya juga ada jurusan desain interior dan desain eksterior yang juga merupakan turunan dari arsitek. Sebab pada dasarnya, sebuah bangunan tentu juga membutuhkan desain interior dan juga eksteriornya untuk menambah kesempurnaan sebuah bangunan.

Untuk desain interior tentu harus memiliki imajinasi dan kreatifitas tinggi terhadap layout yang cocok untuk setiap ruangan, warna, aksesoris, dan juga lainnya sehingga kamu akan terus dituntut kreatif dan inovatif dalam bidang ini.

  • Desain Produk

Sepertinya jarang sekali ada orang yang mengetahui eksistensi dari jurusan yang satu ini. Pekerjaan yang sesuai atau berhubungan dengan jurusan ini umumnya berfokus pada desain kemasan sebuah produk. Tentunya dalam mendesain kemasan produk ini tidak bisa asal desain saja melainkan membutuhkan kreatifitas tinggi sehingga harus membuat kemasan tersebut menarik, unik, lucu, dan diminati banyak orang.

  • Fashion Design

Jurusan yang satu ini jarang sekali memiliki peminat laki-laki sehingga kebanyakan dari peminatnya ada perempuan. Namun, hal ini tentu tidak menutup kemungkinan bahwa seorang pria tidak boleh atau tidak bisa memilih jurusan ini. Apalagi jika kamu memiliki bakat dalam fashion design. Bisa saja suatu saat nanti kamu dapat terjun hingga ke jenjang internasional dan mengharumkan nama bangsa.

Demikian berbagai macam jurusan desain dan juga penjelasannya mulai dari hal yang berkaitan dengan jurusan tersebut dan juga prospek kerja dari jurusan tersebut. Namun, yang perlu diingat lagi adalah bahwa apapun jurusan yang akan kamu ambil tetap tidak bisa menjamin kesuksesan di masa depan. Sebab pada dasarnya, nasib itu diri sendiri yang menentukan.

%d bloggers like this: