Blog Terbaik Seputaran Informasi

Tips Merawat Liontin Berlian Asli

2

Perhiasan berlian bukan hanya sekedar pelengkap busana atau sebagai aksesoris saja namun juga bisa menjadi investasi berharga di masa depan. Maka dari itulah, kita perlu secara berkala merawat dan membersihkan liontin berlian asli. Berikut beberapa pedoman yang bisa Anda ikuti.

Berlian memang merupakan adalah zat alami paling keras di Bumi. Bahkan karena berlian begitu kerasnya, berlian bisa memotong semua jenis batu atau logam. Meskipun demikian, sentuhan jari manusia dapat menyebabkan kotoran terkumpul dan membuat batu permata ini hilang kilaunya.

  • Sentuh dengan berhati-hati
liontin berlian asli
liontin berlian asli

Permukaan berlian adalah magnet alami untuk minyak, dan minyak tidak mudah untuk dibersihkan.  Saat menyentuh berlian, minyak dari jari-jari Anda menempel pada permukaan berlian dan mempengaruhi kecemerlangan dan kilaunya. Oleh karena itu, perhatikan saat akan menyentuhnya.

Anda bisa menggunakan sarung tangan ketika akan membersihkan atau memindahkannya.

  • Bersihkan berlian Anda secara teratur

Hal sederhana untuk menjaga perhiasan berlian Anda tetap terlihat cantik adalah dengan merendamnya dalam larutan pembersih yang lembut, seperti air dengan beberapa tetes sabun cuci piring, sekali atau dua kali seminggu.

Setelah Anda merendam sejenak liontin berlian asli dari larutan pembersih, gunakan sikat gigi yang paling lembut dan bersih untuk menghilangkan kotoran yang tersisa. Sangat dianjurkan untuk menggunakan sikat gigi baru dan khusus untuk membersihkan perhiasan Anda.

Jangan gosok semua permukaan berlian, namun gunakan sikat giginya untuk membersihkan bagian yang sulit dijangkau seperti bagian belakang berlian, yang cenderung paling banyak mengumpulkan minyak dan kotoran. Namun hindari cara ini bila perhiasan Anda memiliki konstruksi rumit.

  • Gunakan sentuhan lembut

Konstruksi yang rumit dan rapuh seperti pada perhiasan antik atau perhiasan tertentu tidak boleh digosok dengan kuat. Jadi kembali berhati-hatilah dengan sikat gigi. Sebagai gantinya, cukup bilas perhiasan berlian Anda dengan air dan keringkan dengan kain lembut yang tidak berbulu.

Sebagai tips, bersihkan dengan air mengalir di meja dan bila Anda mengerjakan pembersihannya di wastafel, pastikan untuk menutup saluran pembuangannya.

  • Jangan gunakan larutan berbahaya

Hindari penggunaan cairan seperti klorin atau zat pembersih penggosok seperti pembersih rumah tangga atau pasta gigi. Bahan kimia seperti klorin dapat merusak beberapa logam yang digunakan untuk paduan emas untuk pengaturan berlian.

Tak hanya itu saja, bahan abrasif juga dapat menggores emas dan logam lainnya yang menjadi pondasi dari liontin berlian Anda. Hal ini bisa berakhir dengan lepasnya berlian dari dudukannya.

  • Gunakan pembersih ultrasonik dengan hati-hati

Pembersihan perhiasan dengan pembersih ultrasonik seringkali ditawarkan untuk menghilangkan kotoran yang menempel pada berlian. Cara kerjanya adalah dengan mengirimkan gelombang suara frekuensi rendah melalui suatu larutan yang menyebabkan cairan bergetar menghilangkan kotoran.

Hanya saja, bila tidak digunakan secara hati-hati proses tersebut bisa mengguncang batu berliannya sehingga membuat lepas dari dudukannya atau memotong pengikat berlian. Ada baiknya bila Anda menyerahkan proses ini pada ahlinya.

Meskipun terlihat mudah, namun sebelum Anda memulai proses pembersihannya hal pertama yang Anda harus lakukan adalah memahami terlebih dahulu karakteristik dari perhiasan Anda. Baru Anda bisa memilih mana cara yang tepat untuk membersihkan perhiasan berlian Anda.

Semoga tips membersihkan dan juga merawat liontin berlian asli ini bisa bermanfaat untuk menjaga kilau alami perhiasan Anda. Bila Anda menginginkan koleksi terbaru untuk perhiasan dan aksesoris Anda, tidak ada salahnya mengunjungi Mondial Jeweler untuk mendapatkan penawaran terbaik.

%d bloggers like this: