Blog Terbaik Seputaran Informasi

Karakteristik Paling Penting dari Sebuah Cincin Lamaran Berlian

8

Hari pernikahan atau pertunangan Anda adalah salah satu peristiwa paling penting dan paling berharga dalam hidup Anda. Anda tidak hanya berinvestasi secara finansial dalam pernikahan Anda, tetapi juga secara emosional.

Anda dan pasangan Anda akan mengikat sebuah tali komitmen seumur hidup, dan cincin lamaran berlian Anda adalah bukti fisiknya. Oleh karena itu, Anda pasti ingin memiliki cincin pertunangan yang sempurna. Dan untuk berbelanja cincin berlian online atau offline, penting untuk mengetahui beberapa karakteristik penting dari berlian.

Tips Membeli Cincin Pertunangan Berlian Online

Karakteristik terpenting yang harus Anda lihat saat membeli cincin pertunangan adalah potongan berlian, warna, karat, dan kejernihannya. Karakteristik ini menentukan nilai berlian Anda, baik dari segi harga maupun penampilan. Terlepas dari Anda membeli cincin kawin berlian untuk pria atau cincin pengantin berlian untuk wanita tercinta Anda.

Silakan periksa karakteristik ini untuk membeli cincin berlian berkualitas tinggi dengan harga terbaik dari Miss Mondial & Mondial Jeweller. Dibawah ini dijelaskan adalah karakteristik yang paling penting dari sebuah berlian.

1. Potongan Berlian

Saat Anda membeli cincin pertunangan secara online, potongan (Cut) adalah aspek yang paling penting untuk dipertimbangkan. Potongan tersebut menentukan kecemerlangan dan kilau berlian. Berlian dengan potongan yang tepat akan memiliki kilau terbaik. Kualitas tinggi akan memberikan berlian Anda kilau terbaiknya. Tetapi jika potongannya tidak tepat, maka betapapun bagusnya kejernihan warna yang dimiliki berlian, tetapi akan tetap terlihat biasa saja.

Lembaga gemologi seperti GIA (Gemological Institute of America) telah mengidentifikasi lima jenis pemotongan, dan mereka adalah ideal, sangat baik, baik, adil, dan buruk. Potongan yang ideal akan memberikan kilau kecemerlangan maksimum, dan berkurang saat Anda beralih ke potongan yang buruk.

cincin lamaran
cincin lamaran

2. Warna Berlian

Warna adalah karakteristik terpenting kedua setelah karakteristik potongan. Berlian kualitas paling atas tidak berwarna dan harganya juga mahal. Warnanya subjektif, dan Anda dapat memilih warna pilihan Anda.

Namun, penting untuk dicatat bahwa warna berlian akan mempengaruhi keseluruhan tampilan cincin lamaran Anda. Berlian berwarna intens jarang ditemukan, dan harganya lebih mahal. Berlian berwarna sedang trend saat ini, tetapi terkadang harganya bisa lebih mahal daripada yang tidak berwarna.

3. Berat Karat Berlian

Karat adalah satuan ukuran yang digunakan untuk menimbang berlian. Satu karat sama dengan 0,2 gram. Bahkan sedikit perbedaan dalam berat karat dapat mempengaruhi harga berlian dengan margin yang besar. Variasi 0,1 karat dalam dua berlian tidak akan terlihat dengan mata telanjang, tetapi akan mengubah harganya.

Saat Anda  berbelanja cincin lamaran berlian Online di Miss Mondial & Mondial Jeweller untuk membeli cincin terbaik, Anda harus menemukan perpaduan sempurna antara berat karat dan nilai potongannya. Anda dapat membeli berlian yang lebih besar dengan tingkat potongan yang lebih rendah, tetapi berlian tersebut tidak akan mempesona seperti yang Anda inginkan.

Sebagai gantinya, Anda bisa memilih potongan yang lebih tinggi dan bobot karat yang lebih sedikit. Itu akan memberi Anda berlian yang sangat mengesankan dan berkilau.

4. Kejernihan Berlian

Kejernihan berlian berada di urutan terakhir dalam daftar karakteristik ini, tetapi tetap menjadi salah satu yang paling penting. Berlian adalah batu alam, dan dapat memiliki kekurangan secara internal dan eksternal. Kejernihan berlian menentukan apakah ada cacat pada berlian atau tidak. Ini juga mengacu pada sinar yang melewati batu dan mempengaruhi kilauannya.

Beberapa berlian tanpa cacat luar dalam, sementara beberapa memiliki inklusi di permukaan luar saja. Batu tanpa cacat tidak hanya langka tetapi juga mahal. Batu dengan sedikit inklusi biasanya tersedia. Jika Anda tidak dapat melihat inklusi apa pun pada batu dengan mata telanjang, itu tidak akan mempengaruhi kecemerlangan dan kilauannya.

%d bloggers like this: