Blog Terbaik Seputaran Informasi

8 Langkah Mudah untuk Membuat Karya Tulisan Arab dengan Sempurna

8

Sumber: moondoggiesmusic.com

Sudah jelas, kan? kalau kaligrafi arab merupakan salah satu jenis karya seni yang menonjolkan satu keindahan pada bentuk-bentuk hurufnya. Kadang hal ini sudah dimodifikasi agar mempunyai nilai estetika di setiap huruf relief. Sehingga kaligrafi ini memiliki keunikan tersendiri dari pada karya seni lainnya. Keindahan seni kaligrafi arab mempunyai pengertian yang umum, makna dari bentuk huruf itu tidak hanya berlaku pada huruf tertentu atau dari beberapa jenis huruf tertentu.

Dalam membuat kaligrafi, pensil merupakan alat tulis sederhana yang paling ekonomis serta mudah untuk digunakan saat proses pembuatan kaligrafi arab. Kamu dapat memakai dua pensil bersamaan dalam mengatur sebuah langkah-langkah tertentu serta kamu juga dapat memakai pensil dari kayu. Nah, kali ini kami akan memberikan langkah-langkah mudah untuk membuat kaligrafi di kertas dengan menggunakan pensil.

 

●     Membuat  Sketsa serta menempatkan huruf.

Sumber: hamidmtk.blogspot.com

Kalau ingin mudah dalam membuat sebuah kaligrafi, terlebih dahulu kamu harus membuat garis bayang untuk patokan dalam penulisan. Awalnya mungkin cuma sebagai latihan, nantinya kalau sudah terbiasa maka garis bayang itu telah tergambar dalam pikiran kamu.

  • Memegang Alat Tulis dengan Posisi Nyaman

Sumber: behance.net

Jika ingin mendapatkan hasil yang baik, kamu harus memegang alat tulis dalam posisi paling nyaman saat digunakan. Pada awalnya mungkin masih bingung dan berganti-ganti posisi saat menulis. Akan tetapi jika kamu sering melakukannya nanti kamu juga akan menemukan cara menulis yang nyaman saat dipegang.

  • Memiliki Contoh Sketsa Kaligrafi yang ingin Dibuat

Sumber: tattoopinners.com

Untuk mendapatkan kaligrafi dengan hasil maksimal, kamu harus mempunyai contoh huruf-huruf kaligrafi yang ingin dibuat. Hal ini akan mengurangi kesalahan dalam pembuatan. Jangan menulis terlalu lelet, hal ini akan mengakibatkan banyak tinta keluar dan membuat kertas menjadi becek. Usahakan tinta mengering dahulu sebelum kamu melanjutkan tulisan sebelumnya. Hindari tumit dari tangan agar tidak menyentuh kertas karena akan menyebabkan tulisan yang telah rapih menjadi jelek.

●     Gunakan Tekanan untuk Mengendalikan Garis lebar

Sumber: santrigaul.net

Lebar dan panjang dari sebuah tulisan kaligrafi harus sesuai dengan struktur dan jangan sembarangan saat menulis. Dengan menggunakan sudut alat tulis atau metode tekanan agar mendapatkan sebuah hasil yang sempurna dan baik. Mata pena yang berbeda akan membantu kamu dalam membuat ketebalan garis.

 

●     Gunakan Gerakan tangan yang Benar

Sumber: khtt.net

Gunakan kaidah yang baik dalam membuat sebuah kaligrafi arab. Di setiap huruf, kaligrafi memiliki gerakan tersendiri dalam sebuah penulisannya serta pada dasarnya hampir semua tulisan berbeda. Urutan coretan yang asal-asalan akan berpengaruh pada hasil dari karya kaligrafi kamu. Cobalah lihat kembali contoh kaligrafi agar mengurangi  kesalahan di setiap huruf.

  • Sering melatih tulisan

Sumber: whstatic.com

Dengan melatih tulisan secara rutin dan teratur maka kamu akan mendapatkan hasil sebuah karya kaligrafi yang sempurna. Ini adalah cara belajar singkat agar cepat dan mudah saat menguasai penulisan dalam kaligrafi.

●     Mencontoh Karya yang Lain

Sumber: artikel-kaligrafi.blogspot.com

Bila masih menjadi pemula dalam membuat kaligrafi, tidak ada salahnya kamu untuk mencontek hasil kaligrafi milik orang lain. Nantinya jika sudah menguasai pembuatan kaligrafi dengan sempurna, maka bersiaplah untuk berkarya agar hasil karyamu juga bisa bermanfaat untuk orang lain.

●     Gunakan Kertas yang Tebal dan Terbaik

Description: wikipedia.org

Sumber: wikipedia.org

Untuk mendapatkan hasil yang bagus dari penulisan kaligrafi, gunakanlah kertas yang tebal agar bisa membuat sebuah karya kaligrafi yang sempurna.

Demikianlah langkah-langkah mudah dalam membuat karya kaligrafi. Kami yakin kalian semua mempunyai pengalaman yang berbeda-beda dalam membuat kaligrafi. Semoga bermanfaat, ya!

%d bloggers like this: