Blog Terbaik Seputaran Informasi

Membuat Mainan Edukasi Anak Dari Kain Flanel

299

Membuat aneka mainan dari barang-barang tidak terpakai atau dari bahan-bahan khusus akan membuat si anak lebih kreatif dan mengembangkan potensinya sendiri. Untuk itu, buatlah mainan di rumah menggunakan bahan-bahan seadanya.

Kain flanel merupakan jenis kain yang sering digunakan untuk membuat berbagai kerajinan tangan, seperti gantungan kuci, display makanan, minuman, boneka, aneka kue dan sebagainya. Kalau Anda memiliki kain flanel di rumah, sebaiknya Anda manfaatkan untuk membuat Mainan Edukasi yang dapat dijadikan untuk mainan si kecil di rumah. Khusus untuk anak perempuan Anda, sebetulnya banyak sekali jenis-jenis mainan yang bisa Anda buat, seperti boneka, aneka bentuk makanan atau minuman dan sejenisnya.

Untuk membuat bentuk aneka makanan, Anda harus menyediakan kain flanel berwarna warni, karena untuk memadukan bahan yang bisa menyerupai seperti bentuk aslinya. Sebagai contoh jika Anda akan membuat kue atau tar hias dengan aneka topping.

  1. Siapkan toples plastik ukuran bulat, kemudian lem tembak, gunting, penggaris, dan pulpen. Tidak lupa kain flane aneka warna.
  2. Gunting flanel sesuai ukuran toples, kemudian tempelkan dengan menggunakan lem tembang di pinggir toples, dan juga di tutup toples.
  3. Jika semua sudah terbungkus, saatnya Anda membuat aneka toppingnya, sepeti astor, stroberi, jeruk, anggur, blueberry, dan lainnya. Kalau Anda sudah membuat aneka toping tersebut, kemudian susun dan tempelkan aneka topping tersebut diatasnya, sehingga menyerupai seperti kue sesungguhnya.
  4. Ajarkan pula anak Anda untuk membuat Mainan Edukasi dari bahan flanel ini, kemudian biarkan untuk belajar menggunting, menempel dan mengkreasikan sesuai kreatifitasnya.
  5. Dengan belajar seperti itu, anak Anda otaknya akan terstimulasi dengan baik dari proses belajar sampai mempraktekannya.

Itulah cara membuat Mainan Edukasi dari kain flanel yang bisa Anda buat di rumah, jangan lupa juga berikan anak Anda nutrisi tepat dari susu Dancow yang kaya nutrisi, vitamin, minyak ikan, mineral dan multivitamin lainnya yang bagus untuk kesehatan, pertumbuhan fisik serta perkembangan otaknya.

%d bloggers like this: