Blog Terbaik Seputaran Informasi

Tahapan Proses Penerapan Teknologi Komunikasi

0 17

Penerapan teknologi komunikasi ditujukan agar akses untuk menyampaikan sebuah informasi mampu berjalan dengan baik.

Jika kita menggunakan teknologi komunikasi yang maksimal, maka proses perpindahan atau penyampaian informasi pun akan sangat lancar dan tidak menemui kendala yang berarti. Bentuk informasi yang disampaikan tersebut bisa berbentuk pesan, ide atau gagasan dari satu pihak kepada pihak lainnya. Nah, pesan, ide atau gagasan tersebut akan bisa sampai kepada penerima informasi dengan baik, jika teknologi komunikasi yang digunakan dalam kondisi yang baik pula.

Informasi – informasi yang disampaikan tersebut akan dapat diterima oleh penerima informasi dengan sangat jelas jika teknologi komunikasi yang digunakan memiliki kualitas yang baik. Misalnya saja ketika kita akan mengirimkan sebuah email kepada rekan kita yang berada di luar negeri, jika kita menggunakan perangkat komunikasi misalnya komputer yang modern dan mutakhir spesifikasinya, maka dipastikan proses pengiriman email tersebut akan dapat diterima oleh rekan kita dengan cepat dan tepat.

Hasil teknologi komunikasi harus sesegera mungkin diterapkan dalam kehidupan manusia, terutama diterapkan di lingkungan masyarakat seperti di Indonesia yang memiliki keinginan untuk menjadi bagian dari salah satu negara yang dikategorikan sebagai negara maju dalam hal penggunaan teknologi komunikasi. Proses penerapan teknologi komunikasi ditentukan oleh sejauh mana teknologi komunikasi mampu membuka akses pada berbagai pelayanan dan jaringan informasi.

Ada dua tahapan dalam proses penerapan komunikasi tersebut yaitu sebagai berikut :

  1. Tahapan Inisiasi yang terdiri dari dua tingkatan, yaitu tingkatan Agenda-Setting dan tingkatan Matching. Apabila nilai kedua tingkat inisiasi ini positif, timbulah keinginan untuk mengadopsi teknologi komunikasi yang diinginkan.
  2. Tahapan Implementasi, terdiri dari tiga tingkatan, yaitu tingkatan redefining (mengartikan ulang), tingkatan clarifying (menjelaskan) dan tingkatan routinizing (kebiasaan)

Demikianlah tahapan – tahapan proses penerapan teknologi komunikasi dalam kehidupan manusia saat ini. Penerapan teknologi komunikasi sangat penting untuk direalisasikan dan disosialisasikan di masyarakat.

Hal ini bertujuan agar masyarakat Indonesia tidak ketinggalan oleh masyarakat di luar negeri seperti di negara – negara Eropa Barat dan Amerika Serikat yang notabene mereka sudah terlebih dahulu menggunakan teknologi komunikasi tersebut secara maksimal.

Leave A Reply

Your email address will not be published.

%d bloggers like this: