Blog Terbaik Seputaran Informasi

Perbedaan Teknologi Komunikasi dan Teknologi Informasi

0 27

Teknologi komunikasi dan teknologi informasi adalah dua istilah yang hampir tidak bisa dipisahkan. Ketika anda mempelejari tentang teknologi komunikasi, sudah pasti anda pun dituntut untuk juga mempelajari mengenai teknologi informasi.

Kebersamaan kedua jenis teknologi tersebut bukan berarti mengindikasikan bahwa kedua teknologi tersebut adalah sama. Pada kenyataannya, kedua jenis teknologi tersebut memiliki perbedaan yang cukup signifikan. Memang benar ada perbedaan diantara kedua jenis teknologi tersebut, namun perbedaan tersebut malah menjadikan keduanya hampir tidak bisa dipisahkan satu dengan yang lainnya.

Misalnya saja, ketika pemerintah membentuk sebuah kementerian yang bertanggung jawab dalam hal yang berkaitan dengan teknologi digital, maka pemerintah membentuk sebuah kementerian yang dua buah unsur komunikasi dan informasi menjadi satu wadah.

Nah, dari situ terlihat bahwa kedua hal tersebut memang sulit sekali untuk dipisahkan. Keduanya senantiasa saling melengkapi kekurangan dan kelebihan masing – masing. Demikianlah sekilas tentang perbedaan antara teknologi komunikasi dengan teknologi informasi.

Penjelasan tentang perbedaan antara kedua jenis teknologi tersebut sangat penting untuk anda ketahui, agar anda bisa memahami dengan sebenar – benarnya apa itu teknologi komunikasi dan apa itu teknologi informasi.

Adapun hal – hal yang membedakan antara teknologi komunikasi dengan teknologi informasi adalah sebagai berikut :

  • Teknologi informasi lebih ditekankan pada hasil data yang diperoleh sedangkan pada teknologi komunikasi ditekankan pada bagaimana suatu hasil data dapat disalurkan, disebarkan dan disampaikan ke tempat tujuan.
  • Teknologi informasi berkembang cepat dengan meningkatnya perkembangan komputer dengan piranti pendukungnya serta perkembangan teknologi komunikasi yang ada.
    Teknologi komunikasi berkembang cepat dengan meningkatnya perkembangan teknologi elektronika, sistem transmisi dan sistem modulasi, sehingga suatu informasi dapat disampaikan dengan cepat dan tepat.

Demikian beberapa hal yang bisa dijelaskan sehubungan dengan perbedaan antara teknologi komunikasi dengan teknologi informasi. Dengan adanya penjelasan ini, diharapkan bagi anda yang selama ini menganggap bahwa teknologi komunikasi dan teknologi informasi adalah sama, bisa menyesuaikannya agar persepsi tersebut bisa dihilangkan dalam kerangka pemikiran anda.  Semoga bermanfaat !

Leave A Reply

Your email address will not be published.

%d bloggers like this: