Thursday, 13 June, 2024

Cara Mengukur Keberhasilan Social Media Campaign di Instagram


social media campaign

Media sosial sekarang banyak digunakan untuk memasarkan produk karena dengan media sosial semua bisa lebih cepat. Selain itu, anggaran yang digunakan juga jauh lebih hemat dibandingkan dengan pemasaran manual. Banyak sekali media sosial digunakan oleh para pengusaha untuk memasarkan produknya. Salah satu media sosial yang sering digunakan untuk memasarkan produk yaitu instagram. Tentu sangat beralasan para pengusaha memasarkan dengan menggunakan instagram karena puluhan juta orang telah menggunakan instagram. Alasan pengusaha menggunakan instagram untuk memasarkan produknya sebagai social media campaign agar bisa meningkatkan brand awareness.

Untuk membuat merek produk Anda terkenal, tentu sekarang ini mudah sekali untuk bisa Anda lakukan. Anda harus mempunyai brand awareness yang baik melalui social media campaign di instagram. Hanya melalui logo, warna atau tulisan, produk Anda akan lebih mudah dikenal banyak orang. Jika Anda telah melakukan kampanye pada media instagram, maka langkah selanjutnya Anda harus mampu untuk mengukur keberhasilan Anda memperkenalkan produk secara online. Jika Anda sudah bisa menilai tingkat keberhasilan kampanye produk, maka Anda harus mempersiapkan strategi yang lainnya agar Anda bisa mendapatkan keuntungan. Berikut ini adalah cara untuk bisa mengukur keberhasilan kampanye Anda melalui instagram.

 

social media campaign

 

  • Eksposure sosial media

Hal pertama yang harus Anda ketahui untuk mengukur kampanye Anda melalui instagram yaitu eksposure sosial media. Anda harus mampu mengetahui tentang popularitas postingan Anda melalui instagram. Hal ini penting untuk bisa Anda pahami karena biasanya hal seperti ini selalu tidak diperhatikan. Dengan mengetahui popularitas postingan, Anda akan bisa menilai tentang kualitas produk Anda. Jika popularitasnya baik, kemungkinan besar produk Anda akan banyak terjual dan juga akan semakin terkenal

  • Engagement

Setelah melakukan social media campaign di instagram, Anda harus mengukur engagement untuk mengetahui seberapa banyak interaksi yang dilakukan di postingan Anda. Semakin banyak interaksi, maka akan semakin banyak peluang produk Anda untuk bisa terjual.

  • Tracking

Langkah selanjutnya yang harus Anda lakukan yaitu mengetahui tracking hasil influence agar Anda bisa menghitung dampak positif dan negatif pada postingan Anda. Anda harus mampu menganalisis postingan Anda agar nilai yang didapatkan dari postingan bisa berdampak positif.

  • Pengecekan pada leads

Jika Anda ingin mengetahui keberhasilan Anda tentang kampanye di instagram, maka Anda harus melakukan pengecekan pada leads. Langkah ini akan memberikan informasi penting terkait postingan Anda di instagram terkait pencapaian target. Apakah postingan Anda mencapai target atau tidak. Jika postingan Anda sesuai dengan target, maka tahapan selanjutnya akan lebih mudah untuk bisa memperkenalkan produk Anda ke masyarakat. Postingan Anda tinggal share, follow dan lain sebagainya.

Itulah 4 cara untuk bisa mengukur keberhasilan kampanye di instagram. Dengan mengetahui cara seperti itu, Anda akan lebih memahami untuk bisa memperkenalkan produk Anda ke masyarakat. Namun, sekarang ini Anda juga bisa menggunakan pihak ketiga yaitu jasa sosial media marketing agar Anda bisa lebih mudah untuk memasarkan produk Anda. Tidak perlu khawatir untuk mencari pihak ketiga karena ideoworks merupakan agensi terbaik di Indonesia yang siap untuk membantu Anda memasarkan produk melalui media sosial seperti instagram. Jika Anda menggunakan pihak ketiga, maka akan banyak keuntungan yang akan Anda dapatkan. Anda hanya perlu memantau perkembangan kampanye produk Anda. Anda tidak perlu lagi untuk mengurus dan berpikir untuk bisa memperkenalkan produk Anda. Ideoworks sudah siap untuk membantu Anda dari mulai kampanye, desain, logo dan lain sebagainya.

0 comments on “Cara Mengukur Keberhasilan Social Media Campaign di Instagram

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *