Friday, 27 January, 2023

Bahaya Infeksi Kandung Kemih Pada Anjing, Ketahui Gejala Serta Cara Mengobatinya!


infeksi kandung kemih

Salah satu bentuk permasalahan kesehatan yang menyerang anjing peliharaan di rumah adalah infeksi kandung kemih. Yang mana infeksi ini merupakan salah satu penyakit yang menyerang saluran kemih, yang tentunya bisa mengundang rasa sakit dan tidak nyaman pada anjing. 

Kalau dibiarkan terlalu lama, tentunya akan berdampak sangat fatal yakni terdapat kerusakan pada jaringan, kegagalan organ, bahkan juga kematian. 

Anjing yang terkena penyakit infeksi ini, bisanya disertai dengan berbagai gejala seperti berikut: 

  • Permasalahan Pada Saat Buang Air

Bila Anda mendapati anjing peliharaan di rumah terlihat kesakitan saat buang air, bisa jadi penyebabnya adalah ia sudah terkena infeksi yang satu ini. Berbagai indikasi lain yang bisa menjadi faktor anjing sedang terkena infeksi ini adalah, kesulitan untuk buang air, air urine-nya berwarna keruh, urine yang terlihat berdarah, urin yang terus menetes, dan lain sebagainya. 

  • Permasalahan Pada Pola Makannya 

Infeksi yang satu ini juga secara otomatis akan berpengaruh kepada berkurangnya nafsu makan pada anjing. Hal ini bisa terlihat pula pada perut anjing yang nampak lebih membuncit dari sebelumnya, sering muntah-muntah, dan lain sebagainya. 

infeksi kandung kemih
infeksi kandung kemih

Cara Pengobatannya 

Bila sudah dipastikan anjing peliharaan di rumah terkena penyakit infeksi kandung kemih ini, maka berikut cara pengobatannya yang bisa Anda lakukan. 

  • Sediakan Selalu Air Minum di Sekitarnya

Dengan selalu minum air putih, maka setidaknya bisa membantu mendorong bakteri dan kotoran yang menempel pada saluran kemihnya keluar dari tubuh anjing. 

Untuk itu pastikan Anda menyediakan tempat minum di area tempat tinggal anjing, dengan wadah air yang bersih dan juga volume air yang banyak. 

  • Bawa Ke Klinik Hewan Terdekat

Anda bisa juga langsung membawa anjing peliharaan ke dokter hewan untuk penangan yang lebih baik. Biasanya dokter akan mengambil Tindakan dengan pemberian obat-obatan yang tepat, atau bisa juga dengan melakukan operasi. 

  • Memberikan Pola Makan yang Sehat

Pemberian pola makan yang sehat juga bisa secara tidak langsung membantu proses pemulihan anjing dari infeksi kandung kemih ini. Anda bisa memberikan makanan yang bergizi dan bernutrisi tinggi dari Royal Canin. 

Semoga bermanfaat!

0 comments on “Bahaya Infeksi Kandung Kemih Pada Anjing, Ketahui Gejala Serta Cara Mengobatinya!

Leave a Reply

Your email address will not be published.