Wednesday, 30 November, 2022

10 Hal yang Akan Anda Pelajari Saat Kuliah Jurusan Ekonomi


kuliah Jurusan Ekonomi

Memilih jurusan di perkuliahan tidak semudah memilih pakaian yang akan dikenakan esok hari. Anda harus melakukan pertimbangan dengan matang karena jurusan kuliah menyangkut masa depan. Jurusan ekonomi adalah salah satu jurusan yang patut untuk dipertimbangkan. Berada di Fakultas Ekonomi dan Bisnis membuat jurusan ini selalu diminati. Agar lebih mengenal mengenai kuliah Jurusan Ekonomi, berikut ini informasi mengenai hal-hal yang akan dipelajari:

Ekonomi Mikro

Biasanya mata kuliah ekonomi mikro didapatkan di semester-semester awal perkuliahan. Mata kuliah ini akan belajar mengenai perilaku perusahaan, perilaku konsumen, serta bagaimana mekanisme pasar kerja yang sebenarnya.

Ekonomi Makro

Selain ekonomi mikro, mahasiswa juga akan belajar mengenai ekonomi makro. Sesuai dengan namanya, mata kuliah ini akan mempelajari mengenai ilmu ekonomi secara menyeluruh. Mahasiswa akan belajar mengenai perubahan ekonomi yang berpengaruh pada pengangguran, inflasi, neraca pembayaran, dan lain-lain.

Ekonomi Publik

Ekonomi publik merupakan mata kuliah selanjutnya yang akan mahasiswa pelajari selama perkuliahan. Mata kuliah ini mempelajari tentang kebijakan untuk publik dari sisi pemerintah maupun masyarakat. Contohnya mahasiswa akan belajar mengenai kebijakan pajak dan subsidi.

Ekonomi Internasional

Jurusan Ekonomi tidak hanya mempelajari mengenai ekonomi dalam negeri saja, namun juga mempelajari ekonomi internasional. Pasalnya ekonomi internasional juga berpengaruh pada perekonomian nasional. Mata kuliah ekonomi internasional mempelajari mengenai ketergantungan negara pada perdagangan internasional, khususnya secara ekonomi.

kuliah Jurusan Ekonomi
kuliah Jurusan Ekonomi

Ekonomi Pembangunan

Ekonomi pembangunan termasuk mata kuliah yang dipelajari di Jurusan Ekonomi. Fokus utama dari mata kuliah ini adalah masalah pembangunan di negara berkembang. Bagaimana pembangunan bisa mengurangi terjadinya kesenjangan sosial di tengah masyarakat.

Matematika Ekonomi

Ingin kuliah di Jurusan Ekonomi untuk menghindari matematika? Berarti Anda salah. Pasalnya Jurusan Ekonomi juga belajar matematika, namun khusus pada matematika ekonomi. Matematika ekonomi berbeda dengan matematika pada umumnya karena ilmunya yang berhubungan dengan ekonomi.

Manajemen

Manajemen juga termasuk jurusan yang ada di Fakultas Ekonomi dan Bisnis. Meskipun tidak masuk jurusan manajemen, namun mahasiswa tetap akan mempelajari mengenai manajemen. Namun ilmu manajemen yang dipelajari tidak sedalam di jurusan manajemen.

Ekonometrika

Bukan hanya matematika ekonomi saja, mahasiswa juga akan menemukan mata kuliah ekonometrika. Mata kuliah ini menggabungkan teori ekonomi, matematika, serta statistika. Mahasiswa akan belajar menguji kebenaran menggunakan perhitungan matematika dan statistika.

Akuntansi Dasar

Mahasiswa Jurusan Ekonomi juga akan belajar akuntansi dasar. Pasalnya akuntansi juga masih berhubungan dengan ilmu ekonomi, sama seperti manajemen tadi. Paling tidak mahasiswa Jurusan Ekonomi bisa membuat laporan keuangan secara umum.

Mata Kuliah Pilihan

Mata kuliah pilihan adalah mata kuliah yang dipilih sesuai dengan minat mahasiswa. Jadi setiap mahasiswa bisa memilih mata kuliah yang berbeda-beda. Beberapa mata kuliah pilihan yaitu ekonomi bisnis, ekonomi SDM, ekonomi islam, ekonomi industri, dan lain sebagainya.

Rekomendasi Jurusan Ekonomi Terbaik di Indonesia

Itulah 10 hal yang akan Anda pelajari jika kuliah Jurusan Ekonomi. Universitas Indonesia juga menawarkan Jurusan Ekonomi di jenjang S1, S2, hingga S3. Jurusan tersebut berada di Fakultas Ekonomi dan Bisnis. Proses seleksi masuk jurusan di UI dilakukan setiap tahun melalui SNMPTN, SBMPTN, dan SIMAK. 

Jurusan Ekonomi untuk jenjang Magister (S2) di kampus ini menawarkan 8 bidang studi khusus yaitu Ekonomi Moneter, Ekonomi Perdagangan & Industri, Ekonomi Publik, Ekonomi Perkotaan dan Wilayah, Ekonomi SDA & Energi, Ekonomi SDA & Lingkungan, serta Ekonomi SDM dan Tenaga Kerja.

Selain Jurusan Ekonomi, Fakultas Ekonomi dan Bisnis atau FEB juga menawarkan beberapa jurusan lain seperti Akuntansi, Ekonomi Islam, Manajemen, dan lain sebagainya. Cari tahu informasi lebih lanjut mengenai Jurusan Ekonomi dari Universitas Indonesia di website www.ui.ac.id

0 comments on “10 Hal yang Akan Anda Pelajari Saat Kuliah Jurusan Ekonomi

Leave a Reply

Your email address will not be published.