Thursday, 08 December, 2022

6 Faktor Penentu Harga Cincin Kawin Ini Wajib Anda Ketahui


Harga Cincin Kawin

Harga cincin yang berbeda-beda membuat kita penasaran apa dan bagaimana faktor yang mempengaruhi nilai jual cincin. Untuk menjawab rasa penasaran tersebut dan Anda pun bisa menemukan harga cincin kawin yang tepat, Anda bisa menyimak ulasan di bawah ini.

6 Faktor yang Mempengaruhi Harga Cincin Kawin

Dibalik cincin pernikahan yang mahal terdapat faktor yang mempengaruhi nilai jual cincin. Mana saja faktor yang mempengaruhi harga cincin? Berikut ulasannya.

  • Kandungan dan Jenis Logam

Pertama yang mempengaruhi nilai jual cincin adalah kandungan dan jenis logamnya. Kelangkaan dan kualitas jenis logam dapat meningkatkan harga jual, salah satu contoh jenis logam yang paling mahal adalah platinum. Namun tentu saja ini sebanding dengan kualitas yang Anda dapatkan.  Platinum adalah logam yang paling kokoh dan memiliki daya tahan yang lebih kuat, bahkan tingkat kemurniannya lebih tinggi jika dibandingkan dengan logam emas. 

Selain itu kadar kandungan karat atau jenis logam pun menjadi faktor yang berpengaruh. Kadar logam biasanya ditentukan dengan angka persen. Misalnya, bahan palladium 50% artinya cincin tersebut memiliki kadar palladium sebanyak 50% dan 50%nya lagi dicampur dengan bahan lainnya. Dengan semakin tinggi angka persen kadarnya maka akan semakin mahal harga cincin tersebut. 

Harga Cincin Kawin
Harga Cincin Kawin
  • Model atau Desain Cincin

Faktor lain yang mempengaruhi harga cincin kawin selanjutnya yakni model dan desainnya. Tingkat kerumitan cincin dapat meningkatkan harga jual cincin. Selain itu desain cincin yang memiliki batu permata atau berlian dapat membuat cincin tersebut memiliki harga tinggi. Berbeda dengan model cincin polosan, Anda bisa mendapatkannya dengan harga yang terjangkau. Namun sebelumnya, dalam memilih model atau desain cincin pernikahan harus berdasarkan dengan kesepakatan dan selera kedua pihak.

  • Batu Cincin atau Berlian

Batu cincin yang menghias cincin pernikahan menjadi faktor yang berpengaruh dalam meningkatkan harga jual. Beberapa jenis batu mulia yang biasanya terpasang pada cincin ialah safir, ruby, zamrud, giok, kecubung, mutiara dan berlian. Namun di antaranya yang paling populer ialah batu berlian.

Nilai harga berlian pada cincin dipengaruhi oleh kadar karat, kerjenihan, warna hingga yang paling berpengaruh adalah potongannya. Salah satu jenis potongan berlian termahal adalah bentuk oval, pear dan hati. Kesimpulannya ialah dengan semakin indah dan besar potongan berliannya maka semakin tinggi nilai jual cincin.

  • Berat Cincin

Berat pada cincin pun dapat mempengaruhi nilai jual. Saat memilih model cincin Anda dapat mengetahui berat cincinya. Berat cincin ini dipengaruhi oleh batu mulia serta ukuran jari. Dengan semakin berat cincin yang Anda pilih, maka akan semakin mahal harga cincin tersebut.

  • Brand

Faktor tambahan yang mempengaruhi harga jual cincin ialah nama atau brand produsennya. Biasanya, semakin terkenal dan bagus brand tersebut maka akan semakin mahal harga koleksi cincin yang dibuatnya. Menggunakan produk dari brand terkenal memang menjadi poin bonus untuk membuat penampilan menjadi lebih percaya diri.

  • Biaya Pengerjaan¬†

Terakhir hal yang mempengaruhi harga jual cincin ialah biaya pengerjaannya. Semakin rumit dan banyak waktu yang dihabiskan dalam pembuatan cincin maka akan semakin tinggi nilai jualnya. Sebab, si pembuat harus lebih teliti untuk menciptakan cincin berdesain cantik dan berkualitas.

Nah itulah poin-poin yang mempengaruhi nilai harga cincin kawin. Dengan demikian Anda bisa memilih cincin terbaik dengan harga yang sesuai budget. Masih bingung memilih cincin pernikahan untuk waktu dekat? Anda bisa menghubungi The Palace Jeweler.