Monday, 23 May, 2022

Tips Mengoptimalkan Tumbuh Kembang Anak


tumbuh kembang

Setiap orangtua wajib tahu cara mendukung dan mengoptimalkan tumbuh kembang anak, atau yang dikenal dengan tahap periode emas atau golden age. Masa periode emas pada anak-anak hanya terjadi satu kali seumur hidup si kecil yang berlangsung dari 0 hingga 5 tahun.

Di masa ini, anak-anak memerlukan perhatian ekstra dari kedua orangtuanya baik dari asupan nutrisinya maupun dari stimulasinya. Berikut sudah kami rangkum apa saja tips yang harus Anda ketahui dan Anda aplikasikan.

1.  Memenuhi Asupan Nutrisi Anak

Pada masa periode emas anak-anak akan mengalami pertumbuhan yang begitu signifikan. Mereka akan mengalami pertumbuhan dan perkembangan yang begitu luar biasa dan hanya terjadi satu kali seumur hidup.

Kandungan nutrisi untuk anak-anak di periode emas sendiri tergolong banyak mulai dari protein, berbagai macam jenis vitamin, kalsium, zat besi, omega 3, omega 6, dan masih banyak lainnya.

Asupan nutrisi bisa didapatkan melalui makanan-makanan sehat. Selain itu, asupan nutrisi juga bisa Anda dapatkan dari minuman seperti susu Dancow yang sudah diperkaya dengan kandungan nutrisi terbaik untuk anak-anak.

2.  Memberikan Stimulasi yang Tepat

Selain memenuhi asupan nutrisinya, Anda juga harus mendukung pertumbuhan dan perkembangan anak dengan menstimulasinya. Pastikan Anda memilih stimulasi yang tepat mulai dari permainan-permainan yang edukatif, dan juga olahraga.

tumbuh kembang

Saat ini ada banyak sekali pilihan stimulasi yang dapat membantu pertumbuhan dan perkembangan anak. Silahkan Anda pilih sesuai dengan usia si kecil agar proses stimulasinya optimal.

Proses stimulasi ini juga membantu pertumbuhan fisik dan juga kecerdasan anak tergantung dari jenis stimulasi yang Anda pilih.

3.  Hindari Makanan yang Kurang Bernutrisi

Perlu Anda ketahui, di masa pertumbuhan dan perkembangan anak-anak membutuhkan asupan nutrisi dua kali lebih besar dibandingkan dengan orang dewasa. pastikan Anda hanya memberi mereka makanan-makanan bernutrisi tinggi.

Hindari makanan yang tidak bernutrisi sama sekali meskipun makanan tersebut lezat dan disukai oleh anak-anak. Pasalnya, tipe makanan yang tidak bernutrisi tidak akan mendukung pertumbuhan dan perkembangan si kecil.

Demikian penjelasan seputar tumbuh kembang anak yang perlu Anda perhatikan. Melalui tips di atas, kini Anda bisa mengoptimalkan dan mendukungnya.