Blog Terbaik Seputaran Informasi

Apa Itu Bunga Deposito? Berikut Penjelasannya!

2

Mungkin ada dari Anda yang belum tahu apa itu bunga deposito? Jika iya, maka sebaiknya Anda fokus membaca artikel ini! Perlu Anda ketahui, deposito merupakan salah satu bisnis paling profitable. Deposito diketahui berada di posisi kedua sebagai bisnis paling menguntungkan dibawah saham. Bagi Anda yang ingin memiliki profit tambahan tanpa perlu bekerja keras dan risikonya rendah, maka bisnis deposito ini merupakan opsi terbaik. 

Nah dalam artikel ini, kami akan membahas mengenai bunga deposito. Namun sebelum itu, Anda pun mesti paham apa itu deposito, karakteristik deposito, jenis-jenis deposito, dan lainnya. Tak hanya bagi kalangan jetset, deposito online ini juga bisa dijajal oleh kalangan menengah kebawah. Oke langsung saja kita cek ulasannya di bawah ini!

bunga deposito
bunga deposito

Apa Itu Deposito? 

Istilah deposito ini memang belum terlalu familiar di kalangan menengah kebawah. Hal tersebut karena banyak orang yang menganggap deposito sebagai bisnis kelas atas. Padahal dengan modal rendah pun, setiap orang sudah bisa mengambil program deposito. Nah jadi apa sih deposito itu? Nah secara definisi, deposito ini hampir seperti tabungan biasa. Namun yang membedakan deposito dengan tabungan biasa yaitu deposit dan penarikan hanya bisa dilakukan pada waktu tertentu saja. 

Selain itu, deposito juga memberikan kesempatan bagi pemilik deposito untuk meraup untung. Mengapa? Karena setiap produk deposito selalu memiliki bunga deposito. Nah bunga deposito inilah yang menjadi sumber keuntungannya. Namun deposito ini sangat ketat dari segi aturan. Anda bisa saja mengambil dana sebelum jatuh tempo, namun imbasnya yaitu Anda mendapatkan penalti. Jadi selain bisa difungsikan sebagai instrumen tabungan, juga bisa digunakan sebagai instrumen investasi. 

Apa Itu Bunga Deposito?

Setelah Anda mengetahui apa itu deposito, sekarang Anda pun mesti mengetahui apa itu bunga deposito. Jika biasanya bunga dibebankan pada debitur, maka dalam deposito, bunga dibebankan pada pihak bank. Ya betul sekali, bank harus memberikan bunga deposito sesuai dengan tenggat waktu atau jatuh tempo sesuai kesepakatan. 

Pada dasarnya berkaitan dengan deposito online ini, bunga dibayarkan oleh pihak bank pada nasabah yang sudah memiliki akun atau rekening bank. Pemilik rekening ini selain mendapatkan produk deposito, biasanya juga diberi sertifikat tergantung jenis deposito yang dipilih. 

Nah karena suku bunga dibayarkan oleh pihak bank, maka deposito ini menjadi instrumen yang sering digunakan oleh para investor dalam menanam modal. Ya, meskipun profitnya hanya beberapa persen dari deposit tabungan, namun jumlah uang tetap stabil dan aman. Selain itu pihak bank juga memberikan asuransi sehingga uang tetap aman sampai jatuh tempo. Meskipun untungnya lebih kecil dibanding jenis investasi lain, misalnya seperti saham, namun risikonya sangatlah rendah. 

Nah pada umumnya, pihak bank menawarkan suku bunga yang lebih besar untuk nasabah yang menginvestasikan dana dalam jumlah besar. Hal ini dilakukan bank karena untuk mendapatkan aset dalam jumlah besar. Pihak bank biasanya menawarkan jenis deposito berjangka kepada nasabah sehingga nasabah bisa menanam modal dalam jumlah banyak. Namun terkadang, bank juga menawarkan jenis deposito on call, dimana nasabah menanam modal dalam jumlah besar namun dalam rentang waktu singkat. 

Nah itulah pengertian bunga deposito, bagaimana sudah jelas bukan? Jika Anda ingin mengambil produk deposito, maka Anda mesti memilih Bank Sinarmas. Lewat produk mobile banking dari Bank Sinarmas yaitu SimobiPlus, Anda bisa mendapatkan deposito dengan suka bunga hingga 6%. Jadi ayo segera menjadi nasabah Bank Sinarmas!

%d bloggers like this: