Blog Terbaik Seputaran Informasi

Alasan Utama untuk Anda Memilih Jurusan Teknik Informatika

8

Ketika tamat di sekolah menengah atas, saatnya bagi anda untuk memutuskan jurusan dan kampus yang diinginkan untuk menempuh jenjang pendidikan yang lebih tinggi. Dalam memilih jurusan kuliah tentunya tidak boleh sembarangan memilih karena hal tersebut akan berpengaruh pada karir anda di masa depan.  Di zaman modern dengan perkembangan teknologi yang semakin maju, teknologi informasi menjadi hal yang penting. Oleh sebab itu, memilih jurusan teknik informatika menjadi opsi yang baik. 

Jurusan ini selalu dikaitkan dengan komputer karena memang jurusan ini adalah jurusan yang berhubungan dengan ilmu komputer. Jadi bisa dikatakan bahwa IT merupakan anak cabang dari sebuah ilmu komputer. Secara khusus, jurusan IT merupakan ilmu yang menangani tentang pengolahan data komputer.

jurusan teknik informatika
jurusan teknik informatika

Yang mana hal itu berkaitan dengan bahasa program komputer, basis data, rekayasa perangkat lunak, dan masih banyak lagi. Dengan memilih jurusan ini, anda akan mengetahui bagaimana suatu program pada komputer bisa bekerja. Anda tidak hanya mengerti dasar-dasar pengoperasian komputer ataupun cara memperbaiki komputer yang rusak. Namun lebih daripada itu dimana anda akan memahami pengetahuan dasar tentang kinerja komputer dan pemrosesannya.

Perkembangan teknologi yang semakin pesat menjadikan prospek kerja bagi para lulusan teknik informatika semakin luas dengan jenis pekerjaan yang beragam.  Terlebih lagi di era revolusi industri 4.0 seperti saat ini, dimana para sarjana lulusan Teknik Informatika sangat dibutuhkan oleh instansi pemerintah, BUMN, maupun perusahaan-perusahaan swasta. Dengan bekal ilmu dan keterampilan yang diperoleh, anda juga bisa mendirikan startup sendiri dan menciptakan lapangan pekerjaan. 

Dengan memilih jurusan teknik informatika, anda juga bisa bekerja sebagai independent self-employe. Yaitu dengan menjadi seorang konsultan dalam pengembangan suatu sistem menggunakan software database tertentu. Alasan penting yang patut dipertimbangakan untuk memilih jurusan teknik informatika diantaranya:

1. Prospek Kerja yang Bagus

Berbicara tentang prospek kerja yang bagus, para lulusan teknik informatika memiliki prospek kerja yang baik dengan lapangan pekerjaan yang luas. Teknologi yang semakin berkembang pesat membuat semakin besarnya kebutuhan akan tenaga lulusan teknik informatika. Mengingat saat ini penggunaan internet semakin banyak, maka bermunculan berbagai inovasi teknologi. Dimana teknologi yang ada semakin berkembang dan menghadirkan beragam bisnis digital, serta persiapan menghadapi revolusi industri 4.0.

2. Bisa Menciptakan Lapangan Pekerjaan Sendiri

Dengan bekal ilmu pengetahuan dan kemampuan yang telah dipelajari, anda bisa membangun perusahaan atau produk berbasis IT sendiri. Baik itu berupa software, produk grafis, video, dan berbagai produk sejenis lainnya. Selain itu, anda bisa menciptakan lapangan pekerjaan sendiri dengan ilmu pengetahuan tentang IT yang sudah dimiliki.

3. Menciptakan Lapangan Kerja Untuk Orang Lain

Selain membuka lapangan pekerjaan sendiri, anda juga bisa membuka lapangan kerja bagi orang lain. Kamu bisa membantu menekan angka pengangguran di tempat tinggalmu karena telah mempekerjakan orang lain. Dengan kata lain anda telah turut membantu mereka yang membutuhkan lapangan pekerjaan.

4. Lulusannya Memiliki Banyak Peluang Untuk Bekerja Freelance

Memilih jurusan teknik informatika dapat memberikan banyak peluang untuk mendapatkan pekerjaan yang berhubungan dengan IT. Apalagi jika kemampuan yang dimiliki sudah cukup banyak dan bagus. Tentunya anda akan mendapat banyak tawaran proyek dari berbagai perusahaan. Baik itu sebuah aplikasi, desain grafis, editing video, web development, membuat animasi, ataupun menjadi konsultan IT dan masih banyak lagi. Tawaran tersebut biasanya sering berdatangan apabila orang lain mengetahui bahwa anda merupakan lulusan teknik informatika. 

Anda ingin melanjutkan jenjang sekolah lebih tinggi dengan kualitas pendidikan terbaik, IDS adalah opsi yang tepat. Sekolah Tinggi Manajemen Informatika dan Komputer Indo Daya Suvana (IDS Digital College) adalah institusi pendidikan ilmu komputer dengan gelar Strata 1 (S1).

Melalui pendekatan Real World Project membantu anda untuk siap menghadapi tantangan karir, bisnis dan pertumbuhan teknologi. IDS Digital College memiliki peminatan pada Software Engineering, Cyber Security dan Mobile Apps & Games Development. IDS Digital College membangun kurikulum bertaraf internasional yang siap untuk membimbing para mahasiswa untuk menjadi seorang profesional IT dalam persaingan global.

%d bloggers like this: