Blog Terbaik Seputaran Informasi

Ciri-Ciri Pertumbuhan Fisik Anak Usia Dini

8

Fase si kecil akan mengalami tumbuh dan berkembang relatif cepat dari pada orang dewasa. Biasanya fase tersebut akan melambat saat memasuki usia remaja atau pubertas. Pada usia anak-anak, mereka lebih suka bermain dan berimajinasi. Hal ini adalah salah satu ciri ciri pertumbuhan Fisik Anak Usia Dini bahwa ia tumbuh dan berkembang dengan sehat.

Bunda tidak perlu cemas ketika mendapati si kecil melakukan hal-hal orang dewasa seperti memanjat pohon, hujan-hujan dan lain sebagainya. Hal tersebut satu satu fase pertumbuhan si kecil untuk bereksplorasi. Si kecil memiliki ide-ide baru dan berimajinasi sesuai dengan apa yang dipikirkan. Bunda tidak perlu memaksakan dan bahkan memarahi. Hal itu adalah bukti si kecil memiliki pertumbuhan yang sehat.

ciri ciri pertumbuhan Fisik Anak Usia Dini
ciri ciri pertumbuhan Fisik Anak Usia Dini

Tumbuh Sehat

Pada dasarnya tumbuh dan berkembang dipengaruhi oleh banyak faktor, salah satunya adalah nilai gizi. Si kecil yang mendapat gizi dan nutrisi seimbang akan tumbuh dan berkembang dengan baik. Begitu pula sebaliknya. Bunda harus menjaga bagaimana pola hidup si kecil agar tetapu tumbuh sesuai usia.

Kemudian kemampuan dalam prestasi juga dipertimbangkan. Jika secara intelektual si kecil tertinggal dengan anak-anak lain, maka bunda harus bertindak. Tindakan tersebut tentu bukanlah hukuman untuk si kecil, akan tetapi proses yang membuat si kecil tidak tertinggal dengan teman-temannya.

Ketika si kecil terlihat murung dan tidak bersemngat dalam bermain, hal ini perlu dipertanyakan. Bunda harus memperhatikan pola hidup si kecil. Apakah si kecil memiliki trauma, penyakit, atau kekurangan asupan gizi. Ketika kemampuan motorik berkembang dengan baik, di usia selanjutnya si kecil akan lebih mudah menyesuaikan dengan lingkngan sekitarnya.

Tahap Pertumbuhan Fisik

Untuk memantau pertumbuhan fisik yang terlihat bagi si kecil, bunda perlu sering menemaninya. Pertumbuhan tersebut bisa berupa berat dan tinggi si kecil sesuai dengan usia. Agar mengetahui berat dan tinggi si kecil, sebaiknya bunda mencatat pertumbuhan tersebut agar mudah memberi penilaian pada proses pertumbuhan. Dengan adanya catatan tersebut bunda dapat mengevaluasi hasil yang tidak diinginkan.

%d bloggers like this: