Blog Terbaik Seputaran Informasi

Perbedaan Antara Ketiga Layanan Online Banking

5

Online banking merupakan salah satu layanan dari perbankan yang ingin mengejar pesatnya industri secara global. Internet kini sudah mengubah cara masyarakat terutama di daerah perkotaan dalam melakukan perbankan. Maupun sektor lainnya untuk mempermudah setiap aktivitas dalam kehidupan sehari-hari. 

Selain itu ada juga mobile banking seperti aplikasi Jenius dari bank BTPN, dan SMS banking yang kian gencar disosialisasikan oleh berbagai bank. Akan tetapi banyak orang yang masih menganggap ketiga layanan online banking tersebut adalah sama. Padahal sebetulnya berbeda, seperti penjelasan di bawah ini :

online banking
online banking
  • Internet Banking

Internet banking atau Ibanking ini adalah layanan unggulan yang fungsinya lebih banyak daripada  ATM kecuali untuk menarik tunai tentunya. Fiturnya antara lain informasi rekening atau kartu kredit mengenai posisi saldo, histori transaksi hingga daftar rekening lain seperti deposito, giro maupun tabungan rencana. 

Bisa juga untuk melakukan transfer dana ke semua bank yang mencakup juha transfer terjadwal. Serta fitur pembayaran seperti tagihan listrik , telepon dan lainnya hanya melalui gadget seperti  personal komputer, laptop, tablet ataupun ponsel. Tentunya tersambung ke jaringan internet yang memiliki keamanan yang melindungi data pengguna. 

  • Mobile Banking

Layanan yang lebih dikenal dengan m-banking ini menggunakan aplikasi yang terpasang pada smartphone baik iOs maupun Android. Memiliki fitur yang hampir sama dengan internet banking hanya saja menerapkan sistem OTP atau one time password. 

Dengan melalui SMS ke nomor ponsel yang terdaftar sebagai pengamanan transaksi yang dilakukan. Salah satunya yakni aplikasi Jenius dari Bank BTPN yang akan mempermudah pengguna untuk mengatur keuangan. 

  • SMS Banking 

Layanan SMS Banking lebih terbatas di antara ketiga jenis ini, akan tetapi layanan ini bisa digunakan tanpa menggunakan jaringan internet. Hal ini yang menjadikannya cukup praktis jika sedang berada di tempat tanpa jaringan internet. Pengguna hanya harus memasukkan perintah beserta kode akses kepada operator SMS banking bersangkutan. Fitur ini akan dikenakan tarif pulsa sesuai biaya layanan yang diterapkan oleh bank. 

Terlihat jelas perbedaan di antara ketiga layanan di atas, dan online banking merupakan layanan paling lengkap. Akan tetapi pilihlah yang memang sesuai dengan kebutuhan dan kemampuan gadget yang Anda miliki. 

%d bloggers like this: