Monday, 24 June, 2024

Pengertian Bonding Adalah


bonding adalah

Istilah bonding bukan lagi hal yang asing bagi para ibu. Pasalnya bonding adalah salah satu hal penting yang harus dibangun oleh ibu dengan anaknya. Secara umum, pengertian bonding merupakan ikatan emosional yang tercipta antara orang tua dengan anaknya. 

Bonding bisa tercipta melalui momen seperti berpelukan, tertawa bersama, dan lain sebagainya. Kegiatan-kegiatan kecil bisa menciptakan suasana hangat dan rasa aman untuk Si Kecil. Bukan hanya itu saja, anak-anak juga bisa merasa dekat dengan orang tuanya.

Ada beberapa aktivitas kecil yang termasuk bonding yaitu:

Piknik Keluarga

Aktivitas untuk membangun bonding yang paling sering dilakukan oleh banyak orang adalah piknik atau jalan-jalan. Anda harus memiliki jadwal liburan bersama keluarga secara rutin. Tidak harus jalan-jalan ke tempat jauh, cukup piknik ke taman dekat rumah atau tempat-tempat sederhana lainnya. Kebahagiaan yang dibangun bersama bisa meningkatkan bonding.

 bonding adalah
bonding adalah

Memasak Bersama

Jika Si Kecil perempuan, maka Anda bisa membangun bonding dengan cara memasak bersama. Memasak merupakan kegiatan yang sebenarnya harus bisa dilakukan oleh semua orang, termasuk anak laki-laki. Ajak mereka melakukan hal-hal sederhana saat memasak. Misalnya menyiapkan bahan masakan, mencuci sayur, dan lain sebagainya. Aktivitas memasak juga membantu anak lebih menghargai makanan yang dimakannya.

Membuat Kerajinan Bersama

Membuat kerajinan bersama tidak hanya meningkatkan bonding namun juga mengasah kreativitas. Anda bisa mencari kerajinan yang bisa dibuat bersama-sama misalnya scrapbook atau photobook. Ajak anak menempel atau memasang foto-foto yang pernah Anda ambil di photobook. Selama memasang foto, mereka akan membangun kembali memori-memori bahagia tersebut.

Berkebun

Kegiatan untuk bonding dengan anak selanjutnya adalah berkebun. Jika Anda memiliki halaman yang cukup luas, cobalah untuk mengajak Si Kecil untuk berkebun. Ajak anak untuk menanam, menyiram, membersihkan, dan memanen hasil kebun. Jangan lupa mengobrol selama berkebun untuk membangun bonding.

Itulah pengertian bonding yang perlu Anda ketahui. Membangun bonding adalah hal yang penting dilakukan bersama Si Kecil. Jangan lupa juga untuk selalu memberikan yang terbaik pada anak. Termasuk memilih multivitamin Blackmores yang dapat meningkatkan daya tahan tubuh dan kesehatannya. 

0 comments on “Pengertian Bonding Adalah

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *