Blog Terbaik Seputaran Informasi

Mengetahui Manfaat dan Cara Top Up Emoney

1

E-money atau uang elektronik adalah uang yang bisa digunakan untuk bertransaksi secara digital menggunakan internet. Ada banyak kegunaan e-money seperti pembayaran tol, parkir, SPBU pertamina, hingga pembayaran belanjaan di merchant-merchant tertentu.

Agar bisa digunakan, Anda harus melakukan top up secara berkala. Oleh sebab itu, Anda juga perlu mengetahui bagaimana cara top up emoney. Di bawah ini dijelaskan secara lengkap mengenai manfaat dan cara top up Simas E-Money dari Bank Sinarmas:

Manfaat Menggunakan E-Money

  • Transaksi lebih cepat

Transaksi menggunakan e-money tentu saja lebih cepat dibandingkan dengan pembayaran biasa. Kasir harus menghitung uang, memasukkannya ke dalam sistem, kemudian memberikan pengembalian. Akan ada antrian yang panjang akibat waktu yang lebih lama tersebut. Jadi Anda akan kehilangan banyak waktu hanya untuk melakukan pembayaran saja. 

  • Tidak kerepotan mengenai kembalian

Ketika membayar dengan uang lebih besar, maka Anda harus rela untuk menunggu kasir mencari kembalian. Waktunya tentu akan lebih lama, apalagi jika kembalian atau uang kecil sedang sulit. Anda tidak akan merasakan hal tersebut apabila menggunakan e-money karena sistem akan mengambil uang dengan nilai pas. Bahkan Rp 1,- pun bisa diambil melalui e-money

  • Praktis

E-money biasanya dihadirkan dalam bentuk kartu atau aplikasi. Keduanya sama-sama lebih praktis dibandingkan dengan membawa uang cash. Apalagi jika uang cash dalam jumlah banyak maka akan semakin memakan tempat di dalam dompet. Sedangkan kartu bentuknya tipis sehingga tidak memakan tempat. Dan aplikasi berada di smartphone yang pasti akan selalu Anda bawa ke mana-mana.

  • Lebih aman

Berjalan-jalan ke mall atau pusat perbelanjaan dengan uang cash tentu saja sangat berisiko. Jika tidak berhati-hati, bukan tidak mungkin uang akan hilang karena dicuri atau yang lainnya. E-money lebih aman karena tidak berbentuk cash. Meskipun kartu atau smartphone hilang, orang yang menemukannya tidak akan bisa menggunakan e-money tanpa mengetahui PIN atau password.

  • Mencegah beredarnya uang palsu

Peredaran uang palsu masih menjadi kekhawatiran banyak orang, termasuk pemerintah. Penggunaan e-money yang bersifat cashless ini bisa membantu mencegah peredaran uang palsu. Pasalnya tidak akan mungkin ada uang palsu di dalam e-money.

  • Hemat waktu

Hal paling penting dari penggunaan e-money adalah hemat waktu. Dengan waktu transaksi lebih cepat, Anda bisa melakukan banyak hal setelahnya. Terkadang waktu transaksi yang lama juga membuat orang lebih frustasi. Apalagi jika sudah antri dalam jangka waktu lama.

Cara Top Up Simas E-Money

  • Melalui channel bank

Cara top up emoney yang pertama yaitu melalui channel bank seperti mobile banking, internet banking, dan mesin ATM. Anda bisa melakukan top up dengan menggunakan menu khusus transfer ke Simas E-Money. Masukkan nomor telepon yang telah didaftarkan. Masukkan jumlah top up, lalu tekan OK. Dana akan segera masuk ke e-money Anda.

  • Melalui gerai Alfamart

Cara kedua yaitu cara yang paling mudah dengan mengunjungi gerai Alfamart. Langsung datang saja ke kasir dan katakan bahwa Anda ingin mengisi saldo emoney dari Bank Sinarmas. Berikan nomor telepon yang didaftarkan dan nominal top up. Setiap transaksi di gerai Alfamart akan dikenakan biaya administrasi sebesar Rp 1.500.

Itulah penjelasan mengenai manfaat serta cara top up emoney. Semoga informasi di atas bisa memudahkan Anda dalam melakukan berbagai macam transaksi. Informasi lebih lengkap mengenai Simas E-Money dari Bank Sinarmas bisa Anda lihat di website resminya yaitu banksinarmas.com.

%d bloggers like this: