Blog Terbaik Seputaran Informasi

Pentingnya Penerapan Pola Asuh Anak Yang Tepat

3

Setiap orang tua pasti menginginkan pola asuh anak yang baik pada anak usia dini nya. Sehingga Bunda harus menerapkan beberapa hal termasuk memperhatikan asupan gizinya. Maka dari itulah belajar mengasuh anak ini sangat penting untuk bunda.

Selain memperhatikan kecukupan gizi pada anak. Bunda harus tetap menerapkan hal lain yang bisa menjadikan anak tumbuh dengan sempurna. Salah satunya adalah pola didik dengan melatih kedisiplinan pada anak usia dini. Sementara yang lain, ada juga memberikan kebebasan dan membiarkan anak tumbuh melalui pengalaman pribadinya.

Pola asuh orang tua terhadap anak sangat memberikan kontribusi besar. Tidak memberikan pola asuh yang baik akan menjadikan anak liar dan tidak akan sempurna pada pertumbuhannya. Pola asuh yang baik ada 3 macam, yaitu pola asuh demokratis, otoriter dan permisif. 

pola asuh anak
pola asuh anak

Di antara ketiga itu, pola pengasuhan otoriterlah yang dampaknya sangat berisiko bagi anak. Karena pola asuh otoriter cenderung menetapkan standar yang mutlak harus dituruti, biasanya disertakan dengan ancaman-ancaman. Seperti anak harus mematuhi peraturan-peraturan orang tua dan tidak boleh membantah.

Pola asuh merupakan sikap orang tua dalam berinteraksi dengan anak-anaknya. Sekarang ini telah banyak orang tua yang menerapkan beberapa pola asuh yang berbeda-beda kepada anak mereka. Mulai dari yang disiplin hingga yang memanjakan anaknya. Namun dibalik itu, semua pola asuh sangat penting dalam pembentukan sikap dan perilaku anak tersebut kelak. 

Salah satu pembentuk perilaku adalah pola asuk anak saat usia dini, karena akan berdampak di kehidupan masa depan apabila tidak diarahkan yang benar. Dimana perilaku ini akan pertama kali terbentuk dari lingkungan kelurga terutama orang tua. Anak usia dini merupakan tahapan usia yang paling menentukan bagaimana karakter, kepribadian, dan sikap anak di masa dewasa. 

Maka dari itulah, pola asuh anak yang baik adalah selalu memperhatikan kecukupan gizinya, dengan selalu memberikan susu terbaik untuknya. Dengan tumbuh kembang dengan baik, anak akan mudah untuk kita didik bun. Pola asuh orang tua sangat berperan bagi anak usia dini, dimana orang tua mendidik anaknya dengan sangat baik mulai dari lingkungan internal keluarga. 

%d bloggers like this: