Blog Terbaik Seputaran Informasi

7 Makanan yang Bisa Membuat Anak Cepat Tinggi

4

Mengetahui pertumbuhan anak tak hanya dilihat dari berat badan saja, tapi juga dari tinggi badan. Agar tumbuh kembang si kecil tidak terganggu, penting untuk mencukupi asupan nutrisinya. Berbagai cara bisa dilakukan, termasuk memberikannya sufor untuk anak. Selain itu, rutin mengkonsumsi makanan peninggi badan juga membantu agar pertumbuhannya jadi lebih ideal.

Makan yang kaya akan mineral, protein, vitamin, karbohidrat, omega 3 dan omega 6 sangat baik untuk penambah tinggi badan. Berikut daftar makanan yang bisa Anda berikan pada anak.

Sufor untuk anak
Sufor untuk anak

1. Kacang dan Biji-bijian

Sudah menjadi rahasia umum bahwa makanan seperti berbagai jenis kacang dan biji-bijian baik untuk kesehatan. Kacang dan biji-bijian biasanya mengandung mineral, vitamin esensial, lemak sehat, dan asam amino yang bisa memberikan pengaruh pada tinggi badan anak. Anda bisa memasak dan mengolahnya menjadi makanan yang lezat bagi si kecil. Jenis kacang seperti kedelai yang kaya akan protein, folat, vitamin, karbohidrat, dan serat bisa Anda pilih sebagai sumber protein vegetarian.

2. Telur

Mengonsumsi telur di masa pertumbuhan memberi banyak manfaat bagi anak. Telur tinggi akan protein, kalsium, vitamin B12, dan ribovlafin yang bisa memberikan pengaruh pada tinggi badannya. Bagi Anda yang menghindari makanan berlemak, dapat menggantinya dengan putih telur karena mengandung 100 persen protein.

3. Ayam

Bahan makanan yang juga jangan sampai dilewatkan yaitu daging ayam. Ayam memiliki kandungan protein yang tak kalah tinggi daripada makanan berbasis hewani lainnya. Jangan khawatir untuk membuat si kecil mengkonsumsi ayam. Daging ayam sendiri dapat membantu dalam membangun jaringan dan otot anak yang berpengaruh pada tumbuh kembang anak.

4. Ikan

Selain ayam, Anda bisa mengganti menu harian si kecil dengan ikan agar ia juga tidak merasa bosan. Protein dan vitamin D pada ikan dibutuhkan bagi tubuh untuk perkembangan tulang serta otot.

5. Sayuran Hijau

Jika sudah memberikannya nutrisi yang cukup dari kacang-kacangan dan daging, Anda bisa seimbangkan gizi anak dengan sayuran hijau. Meski beberapa anak tidak terlalu suka makan sayur, tapi sayur berpengaruh besar terhadap masa pertumbuhan. Sayur hijau seperti bayam, kacang polong, kubis, dan brokoli kaya akan mineral penting, vitamin, juga serat. Jadi, biasakan si kecil untuk suka makan sayur. Anda juga bisa mengolah, berkreasi, dan mencampurkan sayur hijau pada makanan lain agar lebih menyenangkan ketika dikonsumsi anak.

6. Buah-buahan

Agar menu harian bervariasi, coba untuk sajikan buah-buahan sehabis makan. Buah sangat kaya akan vitamin, mineral, dan serat. Akan lebih baik jika Anda memilih buah yang kaya akan vitamin C dan A, seperti pepaya, semangka, apel, aprikot, jeruk, dan mangga. Selain itu, pisang juga bisa membantu tinggi badan anak karena mengandung kalium, mangan, dan kalsium.

7. Susu dan Produk Turunanya

Tak ketinggalan, sempurnakan pertumbuhan si kecil dengan memberinya susu atau produk turunan susu, seperti keju atau yoghurt. Susu mempunyai mineral penting seperti kalsium dan vitamin A, B, D, dan E. Susu juga menjadi sumber protein yang baik bagi pertumbuhan sel dalam tubuh.

Morinaga bisa menjadi pilihan produk sufor untuk anak yang tepat bagi Anda. Berikan si kecil Morinaga Chil*Go jika ia suka bergerak aktif. Morinaga Chill*Go merupakan produk inovasi baru yang hadir dalam bentuk susu cair siap minum untuk anak usia 1-12 tahun. Yuk, dukung pertumbuhan si kecil menjadi Generasi Platinum yang Multitalenta bersama Morinaga!

%d bloggers like this: