Blog Terbaik Seputaran Informasi

Tips Mudah Kuliah Sambil Kerja Secara Online

3

Masyarakat Indonesia sudah memasuki bulan ke-3 dalam menghadapi pandemi wabah virus Covid-19. Seiring dengan itu pula, terdapat anjuran yang menyatakan untuk menjaga jarak kepada orang lain. Maka dari itu, tercipta pula pola bekerja dan belajar dari rumah secara online. Reaksi yang diterima masyarakat pun beragam, mulai dari yang mendukung, hingga banyak yang merasa bahwa mereka belum paham untuk bekerja dan belajar dari rumah secara online, apalagi bagi mereka yang kuliah sambil kerja seperti ini. 

Bagi mereka yang memutuskan kuliah sambil bekerja biasanya akan lebih banyak menyita waktu. Namun apakah dengan kegiatan dari rumah seperti ini justru dapat mempermudah kegiatan mereka? Sayangnya, banyak dari mereka yang melakukan kegiatan bekerja sambil kuliah secara online justru merasa kesulitan dalam mengatur beberapa hal, hingga akhirnya banyak yang memutuskan untuk mengakhiri salah satunya. 

kuliah sambil kerja
kuliah sambil kerja

(source:https://www.finansialku.com/wp-content/uploads/2017/05/Mahasiswa-Coba-Cari-Tambahan-Uang-dengan-Kuliah-Sambil-Kerja-02-Finansialku.jpg)

Lantas, bagi Anda yang sedang melakukan kedua hal tersebut, kira-kira apa saja tips yang bisa dilakukan selama masa PSBB seperti ini? untuk itu simak penjelasan selengkapnya dari IDS Digital College berikut ini, antara lain: 

1. Membuat daftar kegiatan sehari-hari 

Berbeda jika mengikuti perkuliahan atau pekerjaan di luar ruangan, maka jika melakukannya dari rumah akan terdapat perbedaan yang begitu signifikan, salah satunya adalah manajemen waktu. Ya, bagi orang yang sedang menjalani perkuliahan atau pekerjaan secara online sering kali merasa malas karena mereka mengira akan ada banyak waktu luang selama di rumah saja. Padahal, kenyataannya justru sebaliknya, Anda justru akan dikejar-kejar oleh deadline. 

Maka dari itu, untuk menghindari hal semacam ini, sangat disarankan bagi Anda untuk membuat sebuah daftar kegiatan sehari-hari selama sepekan atau lebih. Ini berfungsi sebagai pengingat, apa saja kegiatan yang harus Anda lakukan. Apalagi bekerja sambil kuliah dalam satu waktu, maka Anda harus bisa membuat skala prioritas yang baik, agar semua bisa terkendali. 

2. Jangan mudah terhasut untuk membuang-buang waktu 

Saat Anda berada di rumah, tentu ada banyak sekali godaan yang menghampiri sehingga membuat Anda malas dan membuang-buang waktu yang ada. Mulai dari tidur, menonton televisi, berselancar di internet, dan masih banyak lagi. Namun, ada kalanya untuk Anda menahan berbagai hal tersebut terlebih dahulu dan berfokus pada pekerjaan atau perkuliahan Anda secara online. 

Anda mungkin bisa melakukan hal tersebut jika memang kegiatan Anda sudah benar-benar selesai atau sudah tuntas dikerjakan. Namun satu yang perlu Anda ingat, kuliah sambil kerja secara online juga menyita waktu yang begitu padat. Sehingga sekali lagi, Anda dituntut agar dapat mengatur waktu Anda dirumah secara baik dan benar. 

3. Harus pintar dalam memanfaatkan waktu luang 

Kuliah sambil bekerja bukanlah dua hal yang bisa dikerjakan secara bergantian, namun harus dilakukan secara berbarengan. Kadang kala pekerjaan Anda menuntut Anda lebih, namun dilain sisi tugas kuliah juga menumpuk. Lantas apa yang harus dilakukan? solusinya hanya satu, yakni harus mampu memanfaatkan waktu luang Anda, seperti misalnya mengerjakan tugas kampus di sela-sela waktu bekerja Anda. 

Saat Anda bekerja secara online dari rumah, biasanya ada sedikit waktu luang yang bisa Anda manfaatkan untuk tugas kampus, begitupun sebaliknya. Mengingat cara kerja dan belajar dilakukan secara online, maka hal ini dapat Anda maksimalkan dengan cara yang lebih efektif lagi. Yang terpenting, jangan buang-buang waktu dengan sia-sia.

4. Tetap jaga kesehatan fisik dan mental 

Kegiatan kuliah sambil bekerja kali ini akan berbeda dari sebelumnya karena dilakukan secara online, dirumah saja, dan ditengah-tengah wabah pandemi virus Covid-19. Tentu ini akan terasa sangat berat baik secara fisik maupun mental. Kesiapan fisik sangat perlu agar daya tahan tubuk Anda tetap terjaga dan mampu bekerja di depan layar komputer secara maksimal. 

Sementara kesehatan mental, juga diperlukan agar Anda dapat mengontrol stres akibat berada dirumah saja dalam jangka waktu yang lama, serta dengan kondisi pekerjaan serta perkuliahan yang dilakukan secara berbarengan. Untuk itu, pastikan Anda mendapatkan asupan makanan yang bergizi, dan juga istirahat dan waktu tidur yang cukup. 

5. Tetap fokus dan berkomitmen 

Kita semua tahu bahwa di masa seperti ini memang sangat sulit. Bahkan Anda kadang merasa bahwa ini sangat sulit bagi Anda. Tapi ingatlah, bahwa Anda tidak sendirian di masa seperti ini, bahkan Anda harus bersyukur karena masih memiliki pekerjaan dan tetap dapat mengikuti perkuliahan. Karena di lain sisi, ada begitu banyak orang yang justru di PHK dari pekerjaan mereka.

Untuk itu, terus bersyukur, berdoa, dan tetap jaga komitmen serta fokus Anda agar dapat bekerja secara maksimal dan juga kuliah dengan ikhlas. Jika Anda sudah fokus, komitmen, dan ikhlas, maka selanjutnya Anda bisa melalui semua ini dengan penuh ketenangan. 

Demikianlah informasi singkat mengenai tips kuliah sambil kerja di tengah wabah pandemi virus Covid-19 ini. semoga dapat membantu Anda, dan semoga bermanfaat. Jika Anda tertarik untuk mengikuti perkuliah online di bidang IT dan sejenisnya, maka Anda bisa bergabung bersama IDS Digital College. Untuk informasi lebih lanjut, silahkan kunjungi website https://ids.ac.id/ sekarang juga!

%d bloggers like this: