Blog Terbaik Seputaran Informasi

Tujuan Berinvestasi di Reksa Dana Syariah Online

6

Reksa dana yang sesuai dengan syariah sama seperti investasi reksa dana lainnya, tetapi satu-satunya perbedaan adalah bahwa reksadana tersebut berdasarkan pada hukum syariah. Pada dasarnya, dana ini membatasi investasi reksa dana syariah online pada perusahaan yang beretika dan mematuhi hukum syariah. Jika anda telah mendengar tentang investasi yang bertanggung jawab secara sosial, maka dana yang sesuai syariah adalah salah satunya. 

Investasi etis dan bertanggung jawab bukanlah konsep asing. Secara global, investor menunjukkan minat pada investasi yang mencakup beragam pilihan etis. Mulai dari berinvestasi di bisnis yang paling sedikit menimbulkan kerusakan lingkungan hingga yang melindungi hak asasi manusia. Atau mempromosikan tata kelola perusahaan dan advokasi pemegang saham.

reksa dana syariah online
reksa dana syariah online

Salah satu opsi paling umum yang sekarang dilihat oleh para investor adalah investasi yang sesuai dengan syariah. Investor lain yang mencari investasi yang lebih bertanggung jawab dalam portofolio. 

Apa Tujuan Berinvestasi Di Reksa Dana Syariah Online?

Tujuan utama investasi reksa dana yang sesuai dengan syariah adalah untuk memberikan jalan bagi investor yang peka terhadap persyaratan syariah pada investasi reksa dana. Investasi yang sesuai syariah harus bebas dari kegiatan yang dilarang oleh islam seperti riba, perjudian (maisir) dan ambiguitas (gharar). 

Ini juga harus mengecualikan investasi di perusahaan atau sektor-sektor yang terutama terlibat dalam kegiatan syariah yang tidak patuh. Seperti produk atau layanan yang terkait dengan perbankan konvensional, asuransi konvensional, perjudian dan produk makanan non-halal.

Prinsip-prinsip investasi syariah tidak mencegah investor beroperasi secara menguntungkan. Tujuan akhir dari investasi yang sesuai dengan syariah adalah sama dengan investasi lainnya, yaitu untuk mencari keuntungan modal bagi para investornya.

Kategori populer dari investasi untuk dana yang sesuai syariah termasuk real estat dan dana yang diperdagangkan di bursa. Ekuitas pribadi juga dianggap sebagai investasi yang baik tetapi bunga yang dibawa dianggap masalah dalam hukum syariah.

%d bloggers like this: