Blog Terbaik Seputaran Informasi

Tips Mengatasi Homesick di Islamic Boarding School

24

Tinggal di asrama untuk sekolah dan berpisah dengan orang tua tentunya terkadang membuat kamu menjadi rindu. Baik itu orang tua, keadaan rumah, masakan orang tua, dan lain-lain. Namun, hal itu perlu kamu atasi agar dapat menuntut ilmu dengan baik selama berada Islamic Boarding School.Dengan begitu, rasa rindu atau homesick tersebut tidak akan mengganggu konsentrasi kamu selama belajar di sana.

Bagi kamu yang sedang bersekolah di lingkungan boarding school, tentunya kamu seringkali merasakan homesick. Homesick ini merupakan hal yang wajar saat tinggal di asrama. Namun, bagi kamu yang ingin mengatasi homesick ini, maka ada baiknya mengintip beberapa tips dalam mengatasi homesick selama tinggal di lingkungan asrama. Apa sajakah yang dapat kamu lakukan untuk mengatasi hal tersebut? Silahkan simak penjelasan berikut ini.

Islamic boarding school
Islamic boarding school
  1. Ikutilah Kegiatan Kesiswaan di Sekolah

Salah satu tips dalam menghilangkan rasa homesick selama tinggal di Islamic Boarding School yaitu dengan mengikuti kegiatan kesiswaan seperti kegiatan pengabdian kepada masyarakat. Salah satu kegiatan kesiswaan ini dapat kamu temui di SMA Dwiwarna.

Dimana kegiatan kesiswaan ini dapat berupa homestay dengan masyarakat. Rasa kangen dengan rumah dapat kamu lakukan dengan melakukan pengabdian kepada masyarakat dengan menginap ke rumah mereka. Dengan begitu, kamu dapat melakukan kegiatan baik dan menemukan suasana baru.

  1. Melakukan Belajar Bersama dengan Teman

Rasa homesick selama berada di asrama bisa saja muncul karena kamu lebih sering menghabiskan waktu sendirian selama di asrama. Dengan begitu, kamu menjadi bosan dengan suasana di asrama. Kamu dapat mengatasi rasa homesick kamu dengan melakukan diskusi maupun belajar bersama dengan teman. Menghabiskan waktu bersama dengan teman dapat membuat kamu menghilangkan rasa kesepian selama berada di asrama.

  1. Melakukan Kegiatan Ekstrakurikuler Sesuai Hobi

Sekolah tentunya memiliki kegiatan ekstrakurikuler baik itu olahraga, seni, literatur, maupun sains dan teknologi. Kegiatan ekstrakurikuler ini dapat kamu temukan di SMA Dwiwarna. Untuk menghilangkan rasa penat tinggal di asrama, maka kamu dapat melakukan kegiatan ekstrakulikuler yang dimiliki oleh sekolah. Pilihlah kegiatan ekstrakurikuler yang sesuai dengan hobi kamu sehingga kamu dapat menikmati kegiatan yang dilakukan ekstrakulikuler tersebut.

Itulah beberapa tips mudah mengatasi homesick selama berada di Islamic Boarding School. Semoga informasi di atas bermanfaat.

%d bloggers like this: