Blog Terbaik Seputaran Informasi

Cara Mengatasi Sakit Saat Menstruasi

21

Kondisi tersebut memang sangat wajar, tapi rasa sakit yang timbul membuat sangat tidak nyaman untuk melakukan berbagai macam kegiatan. Apalagi bagi wanita pekerja, sudah dipastikan pekerjaannya tidak terselesaikan dengan baik karena konsentrasi hilang dan yang ada hanya terus merintih kesakitan merasakan sakit saat menstruasi di bagian perut yang luar biasa.

Bila di perusahaan tempat Kamu bekerja menerapkan cuti menstruasi, Kamu bisa memanfaatkan cuti tersebut untuk beristirahat di rumah. Karena saat ini, cuti datang bulan atau menstruasi kini terdapat dalam Pasal 81 ayat (1) Undang-Undang pada tahun 2003 tentang bagaimana Ketenagakerjaan yang sedang menyebutkan bahwa pekerja atau buruh perempuan yang dalam masa menstruasi merasakan sakit dan memberitakan kepada pengusaha, tidak wajib bekerja pada hari pertama dan kedua pada waktu menstruasi.

Sakit Saat Menstruasi
Sakit Saat Menstruasi

Namun, jika sebaliknya, mau tidak mau harus tetap masuk ke kantor untuk menyelesaikan beberapa pekerjaan. Lalu bagaimana solusi yang tepat untuk mengatasi sakit pada perut, agar wanita pekerja bisa menjalankan rutinitas seperti pada biasanya, Penyebab Timbulnya Sakit saat Menstruasi, Otot dinding rahim pada wanita setiap saat akan mengalami kontrak si yang sangat lembut, bahkan saking lembutnya kontrak si tersebut sama sekali tidak dirasa. Tapi beda halnya ketika masa menstruasi tiba, pergerakan kontrak si akan semakin kencang yang disebabkan adanya proses menggugurkan pembuluh darah yang menebal pada dinding rahim, sehingga menimbulkan rasa sakit.

Selain itu, rasa sakit juga di picu karena adanya pengeluaran zat kimia prostaglandin pada tubuh sehingga pergerakan kontrak si pada rahim semakin kuat. Tidak hanya itu, prostaglandin bisa juga menyebabkan bermacam gejala lainnya seperti kram perut, mual, diare, lemas dan sakit kepala. Menurut penelitian para dokter, setiap wanita menghasilkan prostaglandin dalam jumlah yang berbeda-beda. Bila seorang menghasilkan prostaglandin dengan jumlah sedikit, kemungkinan besar  tidak akan merasakan sakit lagi.

Begitu pun sebaliknya, bila wanita menghasilkan prostaglandin banyak, maka bisa menimbulkan sakit yang lebih parah saat menstruasi. Lakukan Cara Tepat untuk Mengatasi Sakit saat Menstruasi, Bila Kamu termasuk wanita pekerja yang selalu mengalami rasa sakit yang luar biasa disaat hari pertama menstruasi.

%d bloggers like this: