Tuesday, 23 April, 2024

Beberapa Jenis Klaim Asuransi Mobil


klaim asuransi mobil

Salah satu aspek dalam dunia asuransi ialah klaim asuransi. Yang dimaksud klaim asuransi ialah bentuk penggantian yang bisa dilakukan oleh pihak asuransi terhadap kerugian pada kendaraan atau mobil anda. Terdapat 2 jenis atau 2 tipe klaim asuransi mobil yang biasa terdapat pada proses penggantian kerugian.klaim asuransi mobil

Berikut 2 jenis kerugian yang mesti anda ketahui dan pahami;

1. Kerugian Sebagian (Partial Loss). Saat anda di jalan raya, berbagai macam resiko bisa terjadi pada kendaraan anda. Dalam dunia asuransi, terdapat istilah penggantian kerugian sebagian atau partial loss. Penggantian jenis ini merupakan penggantian yang jumlahnya tidak melebihi 75%.

Nah, kejadian yang ditanggung pihak asuransi mengacu pada isi dari polis asuransi atau daftar kejadian apa saja yang akan ditanggung yang biasanya dilakukan saat perjanjian awal. Adapun, biasanya kejadian yang bisa diganti rugi berupa kecelakaan, kehilangan atau berbagai hal yang telah tertera di dalam polis asuransi. Makanya, sangat penting untuk mengetahui dan memahami polis asuransi.

2. Kerugian Total (Total Loss). Yang dimaksud dengan kerugian total atau total loss ialah biaya ganti rugi yang dibayarkan pihak asuransi sebesar 75% dari biaya kerugian. Misalnya, kerugian total loss dibayar apabila terjadi kehilangan kendaraan bermotor dan kecelakaan. Nah, sangat penting untuk dipahami, bahwa berbagai macam kehilangan atau kecelakaan yang diganti oleh pihak asuransi mestilah sudah ada di perjanjian atau kejadian yang sudah ada di dalam polis.

Apabila kerusakan atau kehilangan yang dialami tidak tertulis dalam polis asuransi atau tidak dijamin oleh pihak asuransi, maka penggantaian pun tidak bisa dilakukan. Sangat penting bagi anda untuk mengetahui dan memahami isi dari polis asuransi sehingga nantinya tidak bingung saat ada proses klaim.

Dari 2 jenis klaim asuransi autocillin diatas, sangat penting untuk selalu mengetahui dan memahami polis asuransi. Yang dimaksud polis asuransi ialah berupa perjanjian yang didalamnya tertera daftar kerugian apa saja yang hendak ditanggung pihak asuransi. Apabila telah mengetahui dan faham, klaim asuransi mobil pun mudah untuk dilakukan.

0 comments on “Beberapa Jenis Klaim Asuransi Mobil

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *