Blog Terbaik Seputaran Informasi

7 Cara Mengatasi Gatal Alergi Dengan Aman

7

Masalah alergi merupakan salah satu gejala yang sering timbul pada kulit dengan gejala seperti gatal, muntah-muntah, ruam kulit, sampai dengan pisan untuk kategori yang sudah sangat parah. Penyebabnya sendiri bisa bermacam-macam seperti dari konsumsi makanan tertentu, terhirup atau juga karena bersentuhan dengan kulit.

Reaksi dari alergi yang ditimbulkan tentunya akan sangat mengganggu terlebih jika terjadi pada anak-anak membuatnya menjadi rewel. Dari itu mengetahui bagaimana cara mengatasi gatal alergi dengan tepat penting dilakukan sebagai pencegahan dari awal.

cara mengatasi gatal alergi
Cara mengatasi gatal alergi

Selain melakukan pencegahan alergi dari awal dengan menghindari berbagai penyebabnya jika anda sudah mengalami tentunya harus diobati dengan menggunakan berbagai cara pengobatan yang mudah dan aman. Ada berbagai cara yang aman sebagai cara mengatasi gatal alergi yang terjamin akan keamanannya. Untuk lebih jelasnya berikut ini cara-caranya.

  1. Menggunakan jenis pakaian yang longgar. Jenis pakaian yang longgar bermanfaat dalam mengurangi terjadinya gesekan kulit. Selain itu juga bisa membuat kondisi tubuh jadi terasa lebih dingin sehingga untuk penyembuhan alergi yang muncul di kulit bisa lebih cepat. Untuk ini perhatikan juga jenis kainnya pastinya yang memang aman untuk kulit anda.
  2. Berendam dengan air hangat. Rasa gatal yang menyiksa juga dapat dikurangi dengan mandi air hangat. Anda dapat berendam dengan air hangat yang telah dicampur dengan baking soda dan oatmeal. Cara ini bermanfaat dalam mengurangi rasa gatal dari alergi.
  3. Gunakan salep dingin pada bagian yang alergi. Menggunakan bahan salep yang dingin seperti bahan calamine yang mengandung menthol bisa memberikan manfaat dalam mengurangi rasa gatal berlebih dari alergi yang dialami. Selain bahan calamine juga bisa dipilih dengan bahan capsaicin yang juga memiliki manfaat yang sama.
  4. Lakukan pengompresan. Melakukan pengompresan dengan menggunakan air dingin pada area yang alergi juga menjadi cara lainnya untuk membantu meredakan rasa gatal. Lakukan cara ini secara rutin dalam sehari sampai rasa gatal hilang.
  5. Pakai pelembab kulit. Menggunakan pelembab kulit juga bisa menjadi pilihan lainnya untuk bisa meringankan rasa gatal akibat dari alergi. Penggunaan pelembab kulit dapat membuat air tersimpan pada permukaan kulit yang dampaknya membuat kulit yang kering dan gatal akibat alergi dapat mereda.
  6. Menggunakan obat atau salep kortikosteroid. Jenis obat ini baik minum ataupun salep yang mengandung kortikosteroid cukup efektif dalam membuat kulit yang gatal akibat alergi menjadi hilang. Tentunya untuk pengobatan seperti ini diperlukan pengawasan dari dokter.
  7. Gunakan salep atau obat antihistamin. Obat ini merupakan zat kimia yang dapat memicu reaksi dari alergi pada tubuh termasuk gatal yang ditimbulkan. Rasa gatal yang muncul dapat reda dengan penggunaan secara tepat dan tentunya tetap dengan pengawasan dokter. 

Mengatasi rasa gatal dari alergi juga bisa dilakukan dengan pencegahan dari awal, khususnya untuk anak-anak yang masih dalam masa perkembangan sistem imunnya. Dengan seringnya berdekatan dengan alergen (penyebab alergi) maka lambat laun walaupun saat pertama tidak menimbulkan efek apa-apa, akan tetapi jika terus dibiarkan bisa memberikan efek alergi.

Pencegahan yang terbaik dalam mengatasi alergi tentu saja dengan menjauhi sumber alergi sehingga berbagai resiko alergi bisa dihindari dari awal. Perhatikan juga masalah kebersihan lingkungan, perubahan cuaca, jenis makanan yang dikonsumsi dan yang lainnya, karena bisa berpotensi menjadikan alergi yang gatal.

%d bloggers like this: