Wednesday, 19 June, 2024

Cara Menyembuhkan Mata Bintitan Dengan Mudah


cara menyembuhkan mata bintitan

Meskipun pada umumnya bintitan pada mata bisa sembuh dalam 1-2 minggu tanpa pengobatan, namun pada beberapa kondisi bintitan sulit dihilangkan dan butuh penanganan lebih. Oleh karena itu mengetahui cara menyembuhkan mata bintitan sangat penting untuk Anda ketahui.

 

Bahkan jika Anda mengalami mata bintitan lebih dari 2 minggu, maka sebaiknya untuk segera berkonsultasi dengan dokter mata.

 

cara menyembuhkan mata bintitan

 

Namun satu yang perlu digaris bawahi, saat mata bintitan hindari untuk memencet benjolannya, ya! Anda bisa mencoba mengempiskan benjolan tersebut dengan cara berikut ini:

 

Kompres dengan air hangat
Cara untuk mengobati mata bintitan pertama yaitu dengan mengompresnya menggunakan air hangat. Adapun yang harus dilakukan adalah rendam handuk bersih pada air hangat, kemudian peras hingga airnya tidak lagi menetes. Setelah itu, tempelkan handuk tersebut di lokasi bintitan.

 

Air hangat dari dapat membantu mengencerkan cairan nanah di dalamnya dan mengempiskan bintitan. Kompres bagian mata dengan air hangat selama 10 menit, sekitar 3-4 kali sehari sampai benjolan benar-benar mengempis.

 

Kompres dengan teh kantong

Cara mengobati bintitan pada mata selanjutnya yaitu dengan mengompresnya menggunakan kantong teh yang masih hangat. Anda bisa memilih teh hitam. Teh jenis ini mengandung bahan antibakteri yang mampu membantu proses penyembuhan dan mengurangi pembengkakan.

 

Pertama-tama, seduh teh terlebih dahulu dalam cangkir dengan air panas sekitar satu menit. Setelah itu, angkat teh kantong dari cangkir dan diamkan lagi hingga tidak terlalu panas. Jika sudah, tempelkan teh sekitar 5-10 menit pada mata.

 

Bersihkan mata
Agar bintitan bisa cepat sembuh, Anda juga harus rajin membersihkan lokasi mata yang terinfeksi tersebut. Caranya, Anda bisa menggunakan air bersih dan sabun yang lembut.

 

Usap padakan pada benjolan secara perlahan. Untuk menghindari iritasi, maka pastikan kelopak mata Anda dalam keadaan tertutup.

 

Itulah dia beberapa cara menyembuhkan mata bintitan yang perlu Anda ketahui. Untuk membantu mempercepat penyembuhan, Anda juga bisa meneteskan obat tetes mata Insto yang mengandung antiseptik yang mampu membunuh kuman dan bakteri penyebab bintitan.

0 comments on “Cara Menyembuhkan Mata Bintitan Dengan Mudah

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *