Thursday, 08 December, 2022

Info Beasiswa S2 dan Tips Lolos Wawancara Paling Jitu 


info beasiswa s2

Beasiswa merupakan salah satu jalan yang paling banyak dicari bagi siapapun yang ingin melanjutkan S2. Sekarang, ada banyak sekali info beasiswa S2 di luar sana termasuk di kampus Universitas Indonesia. 

Kini mahasiswa Universitas Indonesia ini tidak lagi harus khawatir dengan biaya kuliah karena kampus ini juga menyediakan berbagai macam program beasiswa. Secara umum, beasiswa ini tergolong menjadi dua bagian, yaitu beasiswa dari UI sendiri dan beasiswa dari sponsor. 

Untuk mendapatkan beasiswa ini, tentu dibutuhkan usaha yang besar mulai dari kelengkapan berkas hingga mengikuti alur dengan benar. Terakhir adalah proses interview yang sangat penting dan juga menjadi faktor penentu apakah pelamar diterima atau tidak. 

Nah, di artikel ini kami akan membagikan tips bagaimana agar bisa lolos tahap interview dalam seleksi beasiswa. 

Berpakaian Secara Profesional 

Berpakaianlah secara profesional, seolah anda akan memenangkan beasiswa tersebut. Hal ini juga akan memberikan kesan yang berbeda karena kesan pertama adalah segalanya. Jadi pastikan anda memberikan kesan ini kepada interviewer. 

info beasiswa s2
info beasiswa s2

Mintalah Seseorang Untuk Mewawancarai Anda 

Latihan wawancara adalah cara yang baik untuk melatih skill anda dalam wawancara. Mintalah keluarga atau rekan anda atau orang yang anda percaya lainnya untuk mewawancarai anda. Mintalah mereka untuk menanyakan pertanyaan seputar beasiswa. Beberapa topik yang kebanyakan ditanyakan di saat wawancara antara lain:

  • Apa saja prestasi terbesar anda?
  • Kegiatan apa yang sedang anda ikuti?
  • Kesulitan apa yang sudah anda atasi dan bagaimana?
  • Penghargaan apa saja yang sudah anda menangkan?
  • Apa goal anda setelah lulus?
  • Bagaimana anda melihat diri anda setelah mendapatkan gelar?

Datang Tepat Waktu 

Datanglah tepat waktu. Ini sudah menjadi hal yang mutlak dan hal paling mudah untuk menilai kredibilitas seseorang. Telat saat datang interview hanya akan menunjukkan kalau anda tidak menghargai waktu pewawancara. Ini juga menunjukkan kurangnya usaha dan ketertarikan anda dengan beasiswa yang ditawarkan. Jadi, usahakan datang sebelum jam interview dan datanglah beberapa menit sebelum waktunya tiba. Datang tepat waktu menunjukkan sisi profesionalitas anda. 

Pastikan Anda Memperhatikan Tingkah Laku Anda

Sangat penting untuk tampil tetap tenang saat berbicara dengan pihak pemberi beasiswa. Jangan terlihat nervous dan hindari memainkan tangan anda. Duduklah dengan tegak dan tatap mata pewawancara. Juga, jagalah postur tubuh anda supaya anda terlihat tenang dan profesional. Cobalah untuk lebih percaya diri dengan jawaban anda dan hindari jawaban yang terdengar plin-plan. Berbicaralah dengan jelas dan langsung pada intinya. 

Pahami Diri Anda

Selain memperhatikan postur dan penampilan, berhati-hatilah dengan kata yang akan anda ucapkan. Pastikan jelas dan jangan berbelit-belit. Seorang pelamar mungkin terlihat menarik penampilannya tapi hal ini tidak akan menjadi tolak ukur utama ketertarikan pewawancara. Mereka akan melihat bagaimana anda menjawab pertanyaan. Jadi, pastikan untuk selalu fokus, dan pastikan apa yang anda bahas selalu sesuai dengan topik. 

Jangan lupa untuk selalu jujur dengan jawaban anda, jika tidak tahu, katakanlah sejujurnya. Para pewawancara sangat menyukai jawaban seperti ini.

Itulah beberapa tips lolos wawancara beasiswa yang perlu anda tahu. Untuk anda yang sedang mencari info beasiswa S2 di UI, kampus ini menyediakan program beasiswa yang bisa anda ikuti. Universitas Indonesia menyediakan dua macam beasiswa yaitu beasiswa dari pihak UI sendiri yang bentuknya dalam bentuk keringanan hingga beasiswa kerja paruh waktu, dan beasiswa dari pihak sponsor dimana pihak UI berperan sebagai jembatan yang menyampaikan informasi persyaratan beasiswa dari pihak sponsor. Tentunya tiap sponsor memiliki persyaratan yang berbeda. 

0 comments on “Info Beasiswa S2 dan Tips Lolos Wawancara Paling Jitu 

Leave a Reply

Your email address will not be published.