Saturday, 10 December, 2022

Inilah Penyebab Kucing Sakit Perut


kucing sakit perut

Apakah pernah anabul Anda memuntahkan makanan sebelum menelannya? Atau mungkin mereka kehilangan nafsu makan serta mengalami diare? Kondisi tersebut merupakan ciri-ciri gangguan pencernaan. Kucing sakit perut biasanya disebabkan oleh beberapa hal. Bagi Anda yang penasaran, berikut ini adalah beberapa penyebabnya:

Salah Makan

Salah satu penyebab paling umum adalah salah makan. Salah makan berarti kucing memakan makanan yang tidak seharusnya dimakan misalnya seperti makanan sisa yang sudah busuk, tanaman yang beracun, dan lain sebagainya.

Pola Makan yang Salah

Selain makanan yang salah, sakit perut pada kucing juga bisa disebabkan oleh pola makan yang salah. Beberapa gejala lain yang dialami jika pola makan salah yaitu bau mulut, perut mengeluarkan aroma tak sedap, dan lain sebagainya. Namun Anda harus berhati-hati karena bau mulut juga menjadi penyebab beberapa penyakit serius lain.

kucing sakit perut
kucing sakit perut

Parasit

Parasit yang ada di usus juga membuat kucing sakit perut hingga muntah dan diare. Parasit didapatkan dari mangsa kucing seperti tikus. Namanya adalah giardia dan bisa menular ke kucing lainnya. 

Virus dan Bakteri

Virus yang menyebabkan gangguan pencernaan adalah feline enteritis. Virus tersebut menular dan bisa mengancam jiwa kucing. Sementara bakterinya bisa diperoleh dari makanan atau air minum yang terkontaminasi. Bakteri juga bisa ditularkan oleh hewan lain.

Bola Bulu

Kucing dengan bulu yang lebat dan panjang sangat suka menjilati bulunya. Jika tertelan dan masuk ke pencernaan, maka kucing bisa mengalami sakit perut. Bola bulu bisa keluar apabila kucing buang air besar.

Pankreatitis

Penyebab sakit perut kucing selanjutnya adalah pankreatitis atau radang pankreas. Peradangan pada pankreas membuat perut kucing sakit. Hal tersebut disebabkan oleh obat-obatan, konsumsi makanan yang salah, dan lain sebagainya. Jika mengalami hal ini, kucing harus dibawa ke dokter hewan.

Itulah beberapa penyebab kucing sakit perut yang perlu Anda ketahui. Makanan menjadi penyebab yang cukup sering terjadi. Oleh sebab itu, pastikan Anda memberikan makanan yang tepat untuk kucing. Royal Canin adalah merk makanan kucing yang bisa Anda jadikan pilihan. Anda bisa memilih makanan kucing sesuai dengan usia serta ras nya. Lebih lengkap mengenai produk Royal Canin bisa Anda lihat di website www.royalcanin.com

0 comments on “Inilah Penyebab Kucing Sakit Perut

Leave a Reply

Your email address will not be published.