Tuesday, 06 December, 2022

Pengertian, Cara Bayar, Fungsi, dan Cara Membuat Kartu Kredit


Cara membuat kartu kredit

Kehidupan praktis dan mudah menjadi keinginan banyak orang. Dengan hidup praktis, segala sesuatu dapat diselesaikan dengan cepat sekaligus tanpa merepotkan. Salah satunya dalam hal berbelanja. Selain bisa belanja dengan kartu debit, Anda juga bisa menggunakan kartu kredit. Bahkan cara membuat kartu kredit tergolong cukup simpel.

Kartu kredit menjadi salah satu kebutuhan penting masyarakat saat ini. Terutama ketika berbagai bank mulai berlomba-lomba untuk menyediakan kartu kredit dengan sejumlah fasilitas terbaiknya. Tak heran jika menggunakan kartu kredit menjadi salah satu kebutuhan penting.

Apa Itu Kartu Kredit dan Fungsinya?

Kartu kredit merupakan alat pembayaran non tunai yang merupakan salah satu fasilitas bank untuk nasabahnya. Penggunaannya tentu berdasarkan pada beberapa kebijakan dan perbankan. Ada hak dan kewajiban yang seimbang antara nasabah dengan bank.

Salah satu kebijakannya adalah adanya limit dana dalam kartu kredit, di mana batasan dana tersebut ditentukan oleh bank. Nasabah bisa menggunakan sejumlah limit tersebut untuk melakukan transaksi seperti berbelanja, dan lain-lain. Ada juga penawaran-penawaran menarik lainnya sebagai salah satu bentuk untuk mempromosikan kartu kredit. 

Cara membuat kartu kredit
Cara membuat kartu kredit

Nasabah tidak mempunyai dananya sendiri di dalam kartu kredit, sehingga tagihannya akan muncul sebagai bentuk dari utang nasabah yang harus dibayar. Banyak nasabah melakukan pembayaran dulu, lalu tagihannya di akhir.

Apa Perbedaan Kartu Kredit dan Debit?

Kartu kredit dan debit berbeda secara fisik, cara transaksi, cara membuat, penarikan, dan lain-lain. Cara membuatnya berbeda karena kartu kredit diperoleh oleh nasabah melalui pengajuan, pihak bank akan menentukan apakah pengajuan tersebut diterima atau tidak. Sedangkan debet dikeluarkan secara otomatis oleh pihak bank untuk nasabahnya, seluruh masyarakat mempunyai kartu ini.

Cara transaksinya juga berbeda, kartu debit dapat digunakan secara langsung. sedangkan kartu kredit berbeda karena tagihannya tidak Anda bayarkan secara langsung.

Bagaimana Cara Mengajukan Kartu Kredit?

Ada banyak bank yang menyediakan fasilitas kartu kredit, termasuk untuk pemula. Selain memilih bank, beberapa langkah dalam mengajukan kartu kredit antara lain:

  • Anda harus memastikan bahwa riwayat keuangan memang baik, sebab pihak bank akan melihat kondisi riwayat keuangan mulai dari pembelian aset, utang, dan lain-lain. Jangan sampai ada kredit macet.
  • Carilah kartu kredit yang tepat dengan teliti, pastikan bahwa kartu kredit yang Anda pilih memang sesuai dengan kebutuhan. Selain itu, pilihlah kartu yang memiliki banyak promo atau penawaran spesial.
  • Kemudian datangi bank untuk melakukan pengajuan kartu kredit, lengkapi segala persyaratan yang dibutuhkan dan isi formulir.

Membuat Kartu Kredit di Bank Terbaik 

Membahas tentang bank, tentu harus memilih yang terbaik dan berkualitas. Salah satunya adalah Bank Sinarmas yang menyediakan fasilitas kartu kredit INDIGO terbaik dengan beberapa kelebihan. Seperti sejumlah kelebihan berikut:

  • Promo cicilan yang menarik.
  • Asuransi personal gratis.
  • Adanya reward point.
  • Bebas dari biaya tahunan.
  • Diskon menarik di berbagai merchant dengan logo Simascard.

Cara membuatnya mudah, Anda tinggal menginstal aplikasi SimobiPlus di ponsel terlebih dahulu. Lalu mulai melakukan registrasi lewat aplikasi secara online. Setelah itu kunjungi cabang bank terdekat ketika telah disetujui pengajuannya.

Alih-alih bingung memilih bank, lebih baik mempercayakannya pada Bank Sinarmas saja. Cara membuat kartu kredit di bank ini cukup mudah, bahkan ada berbagai penawaran menarik yang tak mungkin Anda lewatkan. Selain itu, kartu kredit INDIGO juga ramah untuk para mahasiswa.