Thursday, 01 December, 2022

5 Nutrisi Penting Bagi Usia Anak Sekolah


anak sekolah

Memiliki si kecil yang sudah memasuki usia anak sekolah, nyatanya memerlukan setidaknya 5 nutrisi penting untuk bisa memaksimalkan masa pertumbuhanya. Adapun kelima nutrisi penting yang dimaksud ini, adalah sebagai berikut.

  • Zat Besi

Agar sikecil bisa terjaga kebugarannya saat sedang berada disekolah, maka perlu diberikan asupan nutrisi dari kandungan zat besi. Dan makanan yang mengandung zat besi ini seperti sayur-sayuran, kacang-kacangan, daging merah, dan lain sebagainya.  

  • Protein

Kandungan protein sejatinya bisa membantu memperbaiki sel-sel tubuh pada anak, sehingga bisa memaksimalkan pertumbuhan pada anak. Makanan yang mengandung protein ini seperti  telur, daging, ikan, oat, dan masih banyak lagi yang lainnya. 

anak sekolah
  • Yodium

Jangan heran jika banyak iklan masyarakat yang mengajak setiap orang tua, untuk memberikan nutrisi penting dari Yodium kepada si anak. Pasalnya didalam Yodium ini, terdapat kandungan yang bisa bermanfaat untuk mengembangkan saraf pada si anak. Dan untuk jenis makanan yang mengandung yodium ini, bisa anda dapatkan dari olahan makanan yang dicampur dengan garam beryodium, ikan laut, bayam, dan lain sebagainya.  

  • Karbohidrat

Karbohidrat merupakan salah satu penyuplai energi utama pada tubuh. Dengan demikian makanan yang mengandung karbohidrat ini, menjadi sangat wajib hukumnya untuk anda berikan kepada si kecil yang sudah memasuki usia anak sekolah. Karena saat ia sedang berada di sekolah, tentunya si kecil akan memerlukan banyak energi untuk melakukan berbagai aktivitas. Bila tidak diberikan, tentu si kecil akan terlihat lemas dan loyo ketika berada di sekolah. Untuk jenis makanannya sendiri, yang terkandung karbohidrat ini seperti beras, gandum, jagung, kentang dan lain sebagainya. 

  • Asam folat

Asam folat selama ini memang identik dengan salah satu nutrisi penting bagi ibu hamil. Namun nyatanya, kandungan yang terdapat pada asam folat ini juga memiliki banyak manfaatnya bagi usia anak sekolah. Yang dimana, dengan rutin memakan makananan yang terkandung asam folat didalamnya ini, bisa membuat anak anda tumbuh menjadi lebih sehat, dan bisa terhindar dari berbagai gangguan masa pertumbuhannya. Untuk bisa memberikan nutrisi penting dari asam folat ini, anda bisa memberikan berbagai jenis makanan atau minuman seperti gandum, jeruk, semangka, kentang, tomat, kacang polong, dan susu Dancow.