Blog Terbaik Seputaran Informasi

Manfaat Musik untuk Perkembangan Anak

1

Musik merupakan salah satu sarana yang digunakan oleh orang dewasa untuk menenangkan diri. Tidak hanya orang dewasa saja, musik ternyata juga memberikan manfaat bagi anak usia di bawah tiga tahun. Manfaat musik tersebut bahkan juga mempengaruhi proses tumbuh kembangnya. Musik dapat diberikan dalam bentuk alat musik maupun suara. Sedangkan manfaat yang dihadirkan yaitu:

  • Mengembangkan Karakter dan Kepercayaan Diri
S26 Procal GOLD
S26 Procal GOLD

Memainkan alat musik bisa membantu si Kecil untuk mengembangkan karakter positif. Melalui bermusik si Kecil akan belajar melatih ketekunan, kesabaran, dan pengendalian diri. Hal tersebut lantaran mempelajari nada pada alat musik membutuhkan karakter-karakter positif tersebut. Si Kecil juga bisa mengembangkan kepercayaan dirinya dengan bermusik.

  • Mendukung Kemampuan Belajar

Musik bisa mendukung kemampuan belajar misalnya kemampuan berpikir, kinerja otak, dan daya ingat atau memori. Pasalnya mendengarkan musik bisa meningkatkan jumlah sinaps dan menghubungkan antar sel otak. Dengan musik, anak juga bisa lebih kreatif.

  • Mengasah Keterampilan Sosial

Aktivitas bermusik terkadang bisa membantu si Kecil untuk bertemu dengan banyak orang. Terutama jika Mam memasukkan mereka pada tempat les yang berisi anak seusianya. Namun pastikan si Kecil memang sudah siap ketika Mam memberikan les. Jika bertemu banyak orang maka mereka bisa mengasah keterampilan sosial.

  • Melatih Koordinasi Anggota Tubuh

Memang pada umumnya anak-anak belum mengerti isi lirik lagu yang didengarkan. Namun mereka paham mana lagu ceria dan mana lagu sedih. Ketika mereka mendengarkan lagu dengan musik ceria, maka secara tidak langsung tubuhnya akan ikut bergerak. Hal tersebut bisa membantu melatih keseimbangan, koordinasi anggota tubuh, dan memperkuat otot.

  • Mengajarkan Banyak Hal Baru

Manfaat musik yang terakhir yaitu mengajarkan banyak hal baru pada si Kecil. Ada area di otak yang terstimulasi melalui musik. Area tersebut termasuk yang berkaitan dengan keterampilan bahasa, kemampuan matematika, dan visuospatial. Musik biasanya juga dijadikan media untuk mengajari si Kecil hal-hal baru. Dengan musik, si Kecil biasanya akan lebih mudah menangkapnya.

Itulah berbagai manfaat musik untuk tumbuh kembang anak. Bisa dikatakan bahwa musik menjadi salah satu stimulasi yang dibutuhkan anak di masa pertumbuhannya. Tumbuh kembang anak berbeda di setiap fase pertumbuhan. Untuk memastikan si Kecil tumbuh dengan optimal, diperlukan nutrisi dan stimulasi yang tepat. Stimulasi sebaiknya diberikan sesuai dengan usia dan rutin, sedangkan nutrisi bisa diberikan dalam bentuk makanan bergizi dan dilengkapi dengan susu pertumbuhan untuk anak usia di atas 1 tahun. 

Wyeth Nutrition hadir dengan produk varian susu S-26 GOLD, yaitu S26 Procal GOLD (Susu Pertumbuhan untuk anak 1-3 tahun) dan S-26 Promise GOLD (susu bubuk untuk anak 3 tahun ke atas) untuk mendukung kebutuhan nutrisi si Kecil. Susu S26 GOLD dengan formula MultiexcelTM αLipids System® membantu Mam mendukung potensi si Kecil dan kemampuan belajarnya yang progresif agar Dari Belajar Jadi Hebat.

%d bloggers like this: