Blog Terbaik Seputaran Informasi

Kegiatan di Rumah untuk Perkembangan Otak

4

Perkembangan pada otak si Kecil paling pesat terjadi saat usia lima tahun pertama sejak kelahirannya. Pada masa tersebut, apa yang mereka pelajari akan membentuk dan mempengaruhi karakter di masa depan.

Oleh sebab itu, Mam perlu memanfaatkan masa tersebut dengan memberikan dukungan secara maksimal. Salah satu dukungan yang bisa Mam berikan untuk perkembangan otak si Kecil adalah stimulasi. Ada beberapa kegiatan seru di rumah saja yang mampu membantu perkembangan otaknya.

Berikut berbagai kegiatan tersebut:

perkembangan otak
Perkembangan otak

Balok Susun

Balok susu menjadi kegiatan pertama yang bisa Mam pilih. Ketika si Kecil menumpuk balok maka mereka akan belajar dan mengasah kemampuan motorik halus, konsentrasi, serta koordinasi mata dan tangan. Biarkan si Kecil menumpuk balok susun sesuai bentuk yang diinginkan dan setinggi yang ia bisa. Dengan begitu mereka juga bisa belajar mengenal warna, menyortir, dan mengidentifikasi bentuk.

Mencoba Tekstur

Membiarkan si Kecil mencoba tekstur mampu membantu meningkatkan fungsi kognitif. Pasalnya si Kecil akan menggunakan berbagai indera yang dimiliki, mulai dari bau, rasa, serta sentuhan. Mam bisa mengajak si Kecil bermain dough atau pasir agar mereka bisa belajar mengenal tekstur.

Mewarnai

Kegiatan di dalam rumah yang membantu perkembangan otak si Kecil selanjutnya adalah mewarnai. Selain itu, pada umumnya anak-anak juga sangat menyukai aktivitas ini. Beberapa hal yang bisa didapatkan dari kegiatan mewarnai yaitu koordinasi mata dan tangan, mengasah kemampuan motorik halus, konsentrasi, imajinasi, dan lain sebagainya yang berhubungan dengan kemampuan kognitif.

Membaca

Tidak hanya mewarnai saja, membaca juga menjadi salah satu stimulasi yang bisa Mam berikan pada si Kecil. Mungkin si Kecil belum bisa membaca sendiri jadi Mam akan menggantikannya untuk membacakan buku. Melalui pendengarannya tersebut, si Kecil akan belajar memahami cerita, meningkatkan kekuatan imajinasi, menambah kosakata, meningkatkan konsentrasi, serta meningkat keterampilan menyimak.

Itulah berbagai kegiatan di rumah saja yang mampu membantu perkembangan otak si Kecil. Selain melalui stimulasi atau rangsangan, faktor yang juga mempengaruhi perkembangan otaknya adalah asupan nutrisi dari makanan bergizi kemudian dilengkapi dengan susu pertumbuhan. Wyeth Nutrition hadir dengan beberapa varian yaitu S-26 NutriSure GOLD, S-26 Procal GOLD, dan S26 Promise GOLD.

%d bloggers like this: