Blog Terbaik Seputaran Informasi

Pahami Skills Prospek Kerja Teknik Informatika IT Consultant

14

IT Consultant merupakan seorang yang ahli di bidang teknologi. Tugasnya adalah untuk bisa membantu memberikan solusi terhadap permasalah yang pada di manajemen perusahaan seperti masalah keamanan maupun pengembangan sistem dalam perusahaan tersebut. Di IDS Digital College, Anda akan mendapatkan materi seperti itu sehingga bisa mempersiapkan diri ketika hendak terjun ke dunia kerja. Prospek kerja teknik informatika sebagai IT Consultant sangat menjanjikan karena setiap perusahaan baik skala kecil maupun besar pasti membutuhkan penasehat seperti IT Consultant. 

Masih banyak yang beranggapan salah bahwa seorang IT Consultant merupakan pekerjaan yang berkaitan dengan software, pemrograman, jaringan hingga operasi komputer. Namun pada kenyataannya seorang IT Consultant memiliki pekerjaan yang lebih spesifik lagi. 

prospek kerja teknik informatika
prospek kerja teknik informatika

Cara kerja dan sistem dari IT consultant berbeda-beda tergantung dari permintaan klien. Mungkin ada klien yang meminta untuk merancang pengembangan sistem berdasarkan strategi IT yang sesuai dengan kebijakan dari perusahaan tersebut atau bisa juga meminta untuk mengoptimalkan sistem dengan cara meningkatkan mutu dari manajemen perusahaan tersebut. 

Bila klien meminta untuk merancang sebuah sistem untuk perusahan tersebut maka seorang IT Consultant harus mau terlibat dalam segala hal, mulai dari pembuatan desain, pengembangan sistem hingga verifikasi terhadap sistem. Namun, biasanya IT Consultant tidak bekerja sendirian melainkan ada tim yang juga turut membantu pengembangan sistem tersebut yang disesuaikan dengan bidang masing-masing. 

Seorang IT Consultant juga dituntut untuk bisa mencapai level yang tinggi dalam kemampuannya untuk melakukan analisis sehingga bisa memahami potensi masalah secara kuat dan berfikir untuk menciptakan solusinya.  

IT Consultant juga harus memiliki skill/kemampuan untuk bisa memahami kebutuhan persyaratan yang diminta oleh klien. Berikut di bawah ini beberapa kemampuan umum yang wajib dimiliki oleh seorang IT Consultant, diantaranya adalah : 

1. Kemampuan Dalam Memecahkan Masalah 

Sebagai salah satu prospek kerja teknik informatika yang menjanjikan, seorang IT Consultant dituntut untuk memiliki kemampuan mengidentifikasi masalah beserta solusi yang tepat dalam manajemen bisnis yang ada di perusahaan tersebut. Diperlukan pemikiran yang logis agar solusi yang diberikan dapat berhasil.

2. Memiliki Pengetahuan Khusus

Tugas dari IT Consultant tidak lepas dari strategi manajemen dari perusahaan klien. Maka dari itu seorang IT Consultant tidak hanya dituntut untuk bisa memiliki kemampuan di bidang teknologi, namun juga harus ada menguasai kemampuan dalam bidang manajemen. 

3. Memiliki Pengalaman

Klien biasanya akan mencari IT Consultant yang telah memiliki banyak pengalaman di bidangnya. Alasannya adalah karena seorang IT Consultant akan berkaitan dengan tantangan dan tanggung jawab yang besar dari tugas yang diberikan oleh klien. Maka tidak heran bila klien lebih suka dengan IT Consultant yang sudah berpengalaman karena dipercaya mampu dengan cepat dan tepat dalam menyelesaikan proyek kecil maupun besar. 

4. Memiliki Kemampuan Komunikasi yang Baik

Seorang IT Consultant harus memiliki komunikasi yang baik karena dari kemampuan itulah mereka bisa bekerja sama dengan tim dan bisa mengelola operasi bisnis dengan baik. Begitu juga bila hendak berinteraksi dengan klien untuk memecahkan sebuah permasalahan. Diperlukan teknik komunikasi yang baik agar penyampaian pesannya dapat efektif dan mudah diterima oleh klien. 

Bagi Anda yang tertarik terjun di dunia ini maka IDS Digital College siap membimbing untuk bisa mempersiapkan lulusan IT yang berkompeten di bidangnya. 

%d bloggers like this: