Blog Terbaik Seputaran Informasi

7 Prospek Cerah Memilih Jurusan Kedokteran Gigi

4

Jurusan kedokteran menjadi salah satu jurusan dalam perkuliahan yang banyak orang impikan, ini karena peluang kerja atau prospeknya yang cerah untuk kedepannya. Untuk jurusan kedokteran sendiri terbagi menjadi dua bagian yaitu kedokteran umum dan kedokteran gigi. Khusus untuk pilihan menjadi seorang dokter gigi tidak harus dimulai dengan menjadi dokter umum terlebih dahulu, karena untuk jurusannya sekarang ini sudah terpisah dan banyak universitas yang menyediakan jurusan ini.

Mereka yang memiliki jurusan kedokteran gigi ada beberapa keuntungan yang bisa didapatkan terutama untuk prospek kedepannya. Dari berbagai prospek kerjanya berikut ini kami bahas tujuh prospek cerah untuk jurusan kedokteran gigi.

kedokteran gigi
kedokteran gigi
  1. Menjadi dokter gigi di rumah sakit swasta. Bekerja di rumah sakit swasta bisa menjadi pilihan pertama sebagai prospek kerja bagi dokter gigi. Banyak lulusan dokter gigi yang bekerja di rumah sakit swasta karena bila dilihat dari gaji atau penghasilannya cukup tinggi, walaupun begitu untuk bekerja disini biasanya juga dipengaruhi kebijakan masing-masing rumah sakitnya.
  2. Bekerja di rumah sakit pemerintah. Selain memilih di rumah sakit swasta, di rumah sakit pemerintah juga bisa menjadi pilihan yang menjanjikan bagi dokter gigi. Untuk bekerja di rumah sakit pemerintah ini biasanya harus mengikuti tes seperti CPNS untuk menjadi seorang dokter PNS. 
  3. Menjadi dokter gigi di puskesmas. Peluang selanjutnya yang bisa menjadi pilihan bagi lulusan dokter gigi yaitu menjadi dokter gigi di puskesmas. Peluang bekerja disini sangat luas karena banyak sekali puskesmas di berbagai daerah yang kekurangan dokter gigi. Layanan seorang dokter gigi di puskesmas juga memiliki waktu yang luang sehingga bisa memiliki waktu luang untuk membuka praktek sendiri.
  4. Membuka klinik atau praktek sendiri. Menjadi dokter klinik milik sendiri bisa memberikan pengalaman kerja yang berbeda sebagai seorang dokter. Disini anda bisa bekerja tanpa khawatir adanya tekanan dari atasan. Penghasilan yang didapat dari sini juga beragam tergantung dari berapa tarif yang dikenakan untuk setiap pasiennya. Yang perlu diperhatikan untuk membuka praktek sendiri ini yaitu dengan memenuhi terlebih dahulu akan perizinan dan aturan yang berlaku.
  5. Menjadi dokter gigi militer. Untuk dokter gigi militer tidak hanya bertugas dalam merawat dan memeriksa gigi para anggota militer tetapi juga untuk calon anggota militer nantinya. Disini anda bisa bertemu dengan calon-calon terbaik pembela negara. Untuk gaji yang bisa didapatkan juga lumayan tinggi yaitu sekitar 4 juta rupiah ditambah dengan berbagai tunjangannya.
  6. Dokter gigi pada kepolisian. Selain di militer, menjadi dokter gigi pada kepolisian juga menjadi pilihan lainnya yang bisa didapatkan. Untuk tugasnya pun hampir sama dengan dokter gigi pada militer yaitu memeriksa dan merawat gigi anggota polisi dan juga calon anggota polisi. Untuk penghasilan yang bisa didapat hampir sama dengan penghasilan yang ada di dokter gigi kemiliteran dengan berbagai tunjangannya.
  7. Menjadi seorang dosen. Selain berkarir sebagai dokter, lulusan ini juga bisa memilih karir sebagai dosen pengajar dokter gigi. Untuk menjadi pengajar atau dosen seperti di perguruan tinggi yang perlu dilakukan yaitu dengan melanjutkan kuliah S2. Gaji yang bisa diterima seorang dosen cukup tinggi sehingga bisa menjadi pilihan yang tepat. 

Kemudian yang perlu diperhatikan untuk menjadi lulusan terbaik dari jurusan kedokteran gigi yaitu dengan memilih universitas atau kuliah yang tepat seperti di Universitas Kristen Maranatha yang menyediakan jurusan untuk kedokteran gigi terbaik. 

%d bloggers like this: