Saturday, 20 April, 2024

Perhatikan Hal Berikut Sebelum Membeli Berlian


perhiasan berlian terbaru

Siapa yang tidak tergiur untuk membeli ketika melewati toko perhiasan dan berlian di suatu tempat? Tapi kebanyakan orang akan asal saja membeli berlian tanpa memperhatikan lagi hal-hal penting dalam berlian seperti 4C yaitu ada Clarity (kejernihan), Cut (potongan), Carat (Karat), dan Color (warna). Dengan adanya 4C ini kamu jadi bisa mengetahui mana berlian asli atau palsu dan perhiasan berlian terbaru sehingga kamu bisa lebih cermat lagi sebelum membeli.

Berlian merupakan batuan dengan komposisi yang sangat sederhana dengan adanya unsur karbon dan terdapat pada tumbuh-tumbuhan, makhluk hidup dan juga tercampur dengan berbagai macam batuan yang terbentuk secara alami dengan temperatur dan juga tekanan yang sangat tinggi selama miliaran tahun lamanya.

perhiasan berlian terbaru
perhiasan berlian terbaru

Pada masa sekarang ini tidak hanya wanita saja yang sangat menggemari berlian atau perhiasan lainnya, banyak juga dari pria yang rela mengeluarkan dana besar untuk mendapatkan perhiasan berlian yang sangat diidamkannya. Namun, dapat dikatakan bahwa sangat jarang sekali ada yang mengetahui atau paham dengan adanya 4C ini sehingga banyak orang yang tidak bisa membedakan mana perhiasan berlian asli atau palsu. 

Bahkan akan lebih baik lagi jika sebelum membeli berlian, kamu bisa melakukan riset terlebih dahulu. Mulai dari potongan berlian yang kamu inginkan hingga warna berlian yang cocok dengan kulit atau bahkan cocok dengan kepribadianmu. Semua itu dapat kamu cari tahu terlebih dahulu agar tidak menyesal di kemudian hari. Selanjutnya kamu juga bisa mempelajari 4C berikut ini agar dapat mengetahui perbedaan antara berlian asli atau palsu.

  • Clarity

Tingkat kejernihan suatu berlian tentu sangat mempengaruhi nilai harga jual berlian. Kejernihan suatu berlian dapat dipertimbangkan berdasarkan jumlah mineral yang mencemari berlian tersebut, lokasi pencemar, ukuran pencemar, warna pencemar, dan juga jenis yang mencemari suatu berlian. Tentu saja semakin jernih suatu berlian maka akan semakin mahal nilai harga jual berlian tersebut.

  • Cut

Setiap kesempurnaan berlian tentu akan dilihat berdasarkan potongannya. Sedangkan kesempurnaan potongan pada berlian juga akan memperlihatkan pantulan sinar dari berlian tersebut. Lalu jika kamu ingin menguji pantulan sinar berlian kamu harus melihatnya dari atas sehingga dengan begitu akan terlihat pola pantulan sinarnya.

  • Carat

Setiap berlian yang dijual akan diukur berdasarkan beratnya dengan satuan gram atau milligram. Satu karat berlian berarti setara dengan 0,2 gram atau 200 mg. Meskipun begitu, berlian dengan ukuran karat yang lebih besar tidak menentukan nilai harga jualnya akan tinggi di pasaran. Bisa jadi berlian dengan ukuran yang lebih kecil akan memiliki nilai harga jual yang lebih tinggi jika memiliki kualitas yang lebih tinggi dibandingkan dengan berlian yang lebih besar.

  • Color

Dapat dikatakan bahwa suatu berlian akan memiliki nilai harga jual yang sangat tinggi jika berlian semakin bening warnanya. Jadi, bisa dibilang berlian dengan warna bening merupakan warna yang paling umum dipilih karena siapapun cocok mengenakan berlian dengan warna bening.

Pada warna berlian terdapat skala yang menunjukkan kualitas dari berlian tersebut. Namun, semakin besar skala warnanya maka semakin rendah nilai harga jualnya. 

Berdasarkan The Gemological Institute of America (GIA), warna berlian di klasifikasikan dengan tingkatan pada kisaran putih (colorless) sampai warna kuning yaitu tingkatan D-F colorless (white), G-J dengan tingkatan hampir tidak berwarna, K-M dengan warna kekuning-kuningan, tingkatan warna N-R dengan skala warna kuning yang sangat terang, sedangkan S-Z dengan warna kuning terang.

Sedangkan berlian dengan tingkatan warna D-Z memiliki tingkatan warna yang normal. Dan berlian dengan warna diluar warna normal seperti warna kuning, coklat, merah, pink, oranye, biru, dan hijau. Dengan begitu kamu dapat mengetahui warna yang sesuai dengan pilihan kamu sehingga kamu dapat lebih percaya diri ketika mengenakannya.