Thursday, 28 March, 2024

Hal yang Perlu Kamu Ketahui Jika Ingin Kerja Sambil Kuliah


Kerja Sambil Kuliah

Kuliah sekaligus kerja merupakan hal yang sepertinya agak sedikit sulit untuk dijalankan. Kamu harus bisa menyesuaikan dan juga membagi waktu antara kerja dan kuliah. Mungkin bisa jadi kamu belum mengetahui jika ada orang yang memilih untuk kerja sambil kuliah. Dan, perlu kamu ketahui bahwa beberapa Perguruan Tinggi Swasta menyediakan jadwal kuliah khusus bagi karyawan yang ingin melanjutkan kuliah.

Kelas karyawan tentu berbeda dengan kelas reguler yang jam kuliahnya dimulai dari pagi hingga sore hari. Umumnya, kampus akan menyediakan kelas karyawan yang dimulai dari senin hingga jumat dan akan berlangsung sore hari setelah jam kerja selesai atau juga ada yang menyediakan kelas pada hari sabtu dan minggu dan akan dilaksanakan secara full day.

Mungkin kamu mengira bahwa akan sangat melelahkan sekali menjalankan kerja sambil kuliah. Namun, jika kamu memiliki motivasi yang tinggi dan tetap konsisten menyelesaikan studi, pasti akan terasa jauh lebih mudah untuk menuju kelulusan dan menikmati hasil dari sulitnya kerja sambil kuliah.

Kerja Sambil Kuliah
Kerja Sambil Kuliah

Lalu terdapat sejumlah hal yang perlu kamu ketahui sebelum memilih kuliah di kelas karyawan. Berikut hal-hal yang perlu diperhatikan:

1. Pilih Jurusan yang Sesuai

Hal pertama yang harus kamu lakukan adalah memilih jurusan yang tepat dan sesuai. Apabila kamu merasa nyaman dengan profesi yang sedang kamu jalankan sekarang ini maka lebih baik kamu memilih jurusan sesuai dengan profesimu sekarang dengan tujuan agar ilmu yang kamu emban selama kuliah dapat menunjang karir.

2. Perusahaan Mengetahui Kondisi Saat Ini

Jika kamu sudah memilih jurusan yang tepat, selanjutnya kamu harus memberitahukan kepada perusahaan bahwa saat ini kamu juga sedang menjalankan kuliah. Maka dengan begitu atasan kamu dapat memberikan pekerjaan yang sesuai dengan kondisi kamu saat ini. Sehingga kamu dapat membagi fokus antara pekerjaan dan kuliah.

3. Jadwal Kuliah

Kemudian kamu harus menentukan jadwal kuliah yang tidak akan menyulitkan kamu nantinya. Pastikan kamu memilih jadwal senin sampai jumat atau jadwal kuliah pada akhir pekan. Jangan sampai kamu asal pilih jadwal karena hal ini dapat berakibat fatal terkait dengan jadwal pekerjaan.

Misalkan jika kamu sering diberikan pekerjaan lembur, maka lebih baik jika kamu mengambil perkuliahan pada akhir pekan. Sebaliknya jika kamu jarang diberikan pekerjaan lembur, maka berkuliah pada hari senin hingga jumat di sore hari akan menjadi kegiatan kamu selepas pulang kerja.

4. Biaya Kuliah

Umumnya biaya kelas karyawan atau pun kelas reguler memiliki harga yang variatif. Terdapat beberapa universitas yang memberikan kebijakan untuk membayarnya tiap semester, ada juga yang tiap bulan. Jadi, hal seperti ini pun perlu kamu pertimbangkan dan sesuaikan dengan gaji tiap bulannya sehingga kamu masih bisa memiliki tabungan.

5. Siap Menjalankan Kuliah dan Kerja Sekaligus

Yang terakhir, kamu harus siap menjalankan sibuknya bekerja dan juga sibuknya mengerjakan berbagai tugas kuliah. Penting untuk diketahui bahwa ketika kuliah kamu tetap harus memenuhi kewajiban kamu sebagai mahasiswa. Kamu harus siap untuk mengerjakan berbagai macam tugas yang diberikan oleh dosen dan juga menjalankan kewajiban yang diberikan oleh perusahaan.

Berikut merupakan beberapa hal yang perlu kamu ketahui sebelum memilih dan menjalankan profesi kamu sebagai karyawan yang juga berstatus sebagai mahasiswa. Beberapa hal yang sudah disebutkan sebelumnya diharapkan bisa dijadikan sebagai referensi untuk hari kedepannya.