Blog Terbaik Seputaran Informasi

Pilihan 6 Jurusan Sistem Informasi Yang Harus Diketahui

14

Tidak perlu diberitahukan lagi, bahwa teknologi informasi sudah mendominasi hampir semua kebutuhan manusia. Sudah pasti sumber daya manusia yang ahli di bidang ini lebih banyak dicari. Salah satu contoh bidang ilmu tersebut adalah jurusan sistem informasi. Jurusan ini mempelajari cara mengoperasikan dan membuat perangkat lunak dan keras untuk bisa berinteraksi dengan suatu data. 

Bagi yang mau memasuki bangku kuliah, tidak sulit mencari jurusan sistem informasi. Karena hampir setiap universitas memiliki program studi ini. Bukan hanya S1 saja, bahkan ada yang menyediakan sampai S2. Jika memutuskan untuk memilih program sistem informasi, maka ketahui apa saja karir yang bisa ditempuh untuk jurusan ini. Sehingga untuk ke depannya memiliki pandangan yang bisa dikerjakan setelah lulus. Berikut penjelasan dari karir tersebut.

jurusan sistem infomasi
jurusan sistem infomasi

1. Software Developer

Apa sich karir software developer? Dan bagaimana pekerjaannya? Pekerjaan software developer merupakan pekerjaan yang meliputi pengembangan, pembuatan, dan pengujian program perangkat lunak pada komputer. Pekerjaan ini juga bisa membuat berbagai macam perangkat lunak. Misalnya sistem operasi dan network distribution, sekaligus software yang digunakan untuk compiler untuk program pada komputer. Selanjutnya perangkat lunak ini yang akan digunakan untuk kelancaran berbagai bidang bisnis. 

2. System Analyst

Selanjutnya karir yang bisa dipilih untuk jurusan sistem informasi adalah system analyst. Pekerjaan ini merupakan pekerjaan yang menggunakan komputer dan sistem terkait untuk mencari solusi dalam teknologi infomatika. Selain itu, memodifikasi dan meningkatkan sistem yang ada. Mengintegrasi fitur-fitur dan memperbaruinya. Demi tujuan efisiensi dan produktivitas bisnis. Seorang system analyst akan berbagai cara untuk mengembangkan produk, mengimplementasikan, mengatur, dan menguji jalan keluar dalam sistem. Kemampuan system analyst biasanya diperlukan pada perusahaan otomotif, pabrik, bank investasi dunia, pelayanan keuanngan, serta pelayanan masyarakat. 

3. Database Administrator

Selain dua pekerjaan di atas, lulusan sistem informatika juga bisa berkarir di database administrator. Adapun yang dilakukannya adalah mengurutkan dan mengatur data agar mudah digunakan oleh pengguna tertentu untuk diakses secara eksklusif. Selain itu, seorang database administrator berguna untuk mengatur sebuah database agar bisa digunakan secara baik dan benar. 

4. Information Security Analyst

Pekerjaan selanjutnya adalah information security analiyst. Pekerjaan ini memiliki tugas untuk mendesain untuk melakukan pengamanan untuk melindungi berbagai macam fasilitas yang terdapat dalam teknologi informasi. Mulai dari data yang tersimpan, jaringan komputer, sampai program perangkat lunak di dalamnya. Pekerjaan ini dibutuhkan untuk mengembangkan ide jika terjadi malfungsi dan dan crash pada program.

5. ERP Consultant

Satu lagi prospek bagi lulusan jurusan sistem informasi, yaitu ERP Consultant. Karir ini memiliki tugas untuk bertanggung jawab untuk menyesuaikan paket perangkat lunak ERP. ERP merupakan perangkat lunak untuk membantu menggunakan suatu aplikasi yang terintegrasi, terkait dengan sumber daya manusia, teknologi, dan jasa. Adapun tujuan utama dari ERP Consultant adalah memastikan perangkat lunak bekerja dengan baik dan efisien. 

6. Network Administrator

Karir yang terakhir adalah sebagai network administrator. Sedangkan yang dikerjakan oleh karir ini sangatlah luas. Ada penaksiran hal-hal yang berkaitan dengan sistem informasi, sampai mendesain dan mengembangkan dan memasangkan sistem informasi terbaru. Seorang network administrator juga bisa mendidik dan mengajari orang lain ketika memakai teknologi informasi terbaru. 

Itulah 6 karir yang bisa dipilih oleh lulusan jurusan sistem infomasi. Bukan hanya karir di atas saja, ada berbagai macam lainnya untuk dipilih, namun tidak mungkin untuk menjelaskan semuanya. Yang terpenting adalah tujuan awal ketika memilih jurusan ini. Belajar dengan giat dan tak kalah penting lebih banyak untuk mempraktekkan apa yang sudah dipelajari. Semoga berhasil.  

%d bloggers like this: