Blog Terbaik Seputaran Informasi

Bayarkan Tagihan BPJS Tepat Waktu Biar Dapat Menikmati Manfaatnya

6

BPJS merupakan iuran kesehatan yang wajib diikuti oleh semua warga Negara Indonesia. Keberadaan BPJS ini tentu sangat membantu masyarakat untuk berobat secara gratis.

Namun demikian, untuk bisa menggunakan layanan kesehatan peserta BPJS harus membayar iuran tiap bulan. Jumlah iuran tersebut berbeda-beda sesuai dengan kelas yang diikuti. Agar Anda dapat menggunakannya sewaktu-waktu maka jangan lupa untuk rutin membayar tagihan BPJS setiap bulan.

tagihan BPJS
Tagihan BPJS

Manfaat BPJS Kesehatan

BPJS ini juga bisa dikatakan sebagai asuransi kesehatan yang terjangkau untuk semua lapisan masyarakat. Berikut merupakan sederet manfaat yang bisa dinikmati oleh peserta BPJS kesehatan.

Menanggung Semua Penyakit

Program layanan kesehatan dari pemerintah ini menanggung pengobatan untuk segala jenis penyakit. Hal yang seperti ini tentu tidak bisa Anda dapatkan di perusahaan asuransi manapun. Jika Anda atau anggota keluarga lainnya sedang menderita penyakit berat maka Anda dapat berobat secara rutin menggunakan layanan BPJS.

Adapun jenis pengobatan atau perawatan kesehatan yang tidak ditanggung oleh pemerintah yaitu seperti infertilitas, estetika, komplementer dan alternative. Pengecualian tersebut telah dimuat dalam Permenkes tahun 2015 nomor 28.

Premi Murah

Meskipun BPJS menanggung semua penyakit namun menariknya yaitu premi yang dibebankan kepada peserta cukup terjangkau. Peserta kelas 1 harus membayar premi sebesar Rp. 150.000,- per bulan, peserta kelas dua Rp. 100.000,- dan untuk peserta hanya perlu membayar Rp. 25.500,-. Pemerintah memberikan subsidi kepada peserta kelas 3 sebesar Rp. 17.000,- agar masyarakat kelas bawah dapat menjangkaunya. Dengan premi yang dari lebih murah dari asuransi kesehatan mana pun Anda dapat menikmati layanan kesehatan secara lengkap.

Menanggung Operasi Persalinan

Harapan semua ibu hamil adalah dapat melahirkan secara normal dan selamat. Namun terkadang proses persalinan mengalami beberapa kendala yang mengharuskan untuk dilakukan tindakan operasi Caesar. Biasa Caesar memang sangat mahal, namun bagi pengguna BPJS dapat berlega hati karena akan ditanggung oleh pemerintah.

Tindakan operasi Caesar hanya bisa dilakukan ketika kondisi ibu atau bayi tidak memungkinkan untuk melahirkan secara normal. Faskes 1 pun akan langsung menyiapka rujukan ke rumah sakit yang memadai.

Tidak Melihat Riwayat Penyakit

Untuk bisa menjadi peserta BPJS Anda tidak perlu melakukan pemeriksaan kesehatan. Hal ini tentu, tidak berlaku jika Anda mengikuti program asuransi kesehatan perusahaan swasta. Bahkan, BPJS akan tetap menerima pendaftaran Anda meskipun sudah mempunyai riwayat penyakit berat. Anda dapat menikmati layanan kesehatan BPJS minimal 2 minggu setelah pendaftaran. 

Jaminan Seumur Hidup

Sejauh ini belum ada satupun perusahaan asuransi yang berani memberikan tawaran jamin seumur hidup kepada pesertanya. Sebagian program pemerintah yang bertujuan mensejahterakan kesehatan masyarakat maka BPJS akan menanggung biaya pengobatan seumur hidup. Hal ini tentu akan sangat menguntungkan bagi pasien yang mengharuskan berobat secara rutin.

Bank Sinarmas

Di zaman yang serba modern ini segala sesuatu dituntut untuk lebih cepat. Bank Sinarmas pun menyadari akan hal ini sehingga membuka kerjasama dengan beberapa biller. Kerjasama ini tentu menguntungkan beberapa pihak termasuk nasabah karena dapat melakukan transaksi lebih cepat dan mudah.

Membayar tagihan memang sering menjadi masalah yang cukup menyita waktu karena keterbatasan waktu atau tempat yang tidak strategis. Layanan internet banking dan mobile banking ini sangat cocok untuk Anda yang sangat sibuk atau tinggal di tempat yang jauh dari pembayaran tagihan.

Namun, Anda juga dapat menggunakan layanan biller lainnya seperti ATM atau counter teller. Dengan beberapa pilihan tersebut Anda dapat menggunakan menurut Anda lebih mudah dan praktis.

%d bloggers like this: