Blog Terbaik Seputaran Informasi

Aspek Kognitif Perkembangan Anak 1 Tahun

2

Perkembangan Si Kecil mempengaruhi berbagai macam aspek yang menunjang segala kemampuannya. Salah satunya adalah aspek kognitifnya. Perkembangan otaknya yang melalui rangkaian panjang tentunya mempengaruhi aspek ini. Apalagi ketika memasuki usia pertumbuhan yang menuntut untuk dapat menyerap segala macam pelajaran mengenai hal-hal yang ada di sekitarnya. Hal tersebut merupakan sebuah awalan untuk belajarnya. Begitu juga dengan perkembangan anak 1 tahun pada aspek kognitifnya yang dapat dilihat dari beberapa hal yang ditunjukkannya.

Aspek kognitif adalah sebuah kemampuan yang menunjang anak dalam melakukan aktivitas berpikir mengenai berbagai macam hal. Proses ini tentunya dipengaruhi oleh faktor dari dalam, misalnya keturunan. Selain itu kemampuannya dapat terus dilatih dengan cara memberikannya metode pembelajaran yang sesuai dengan kemampuannya.

perkembangan anak 1 tahun
perkembangan anak 1 tahun

Berikut ini beberapa contoh perkembangan dalam aspek ini.

Peningkatan kemampuan untuk berpikir

Pertama, kemampuan kognitifnya dapat dilihat dari caranya dalam merepresentasikan sebuah hal yang diajari dengan gerakan tubuh, kata-kata maupun angka. Beberapa cara tersebut dapat meningkatkan kemampuannya dalam mengenal berbagai macam hal yang ada di sekitarnya. Misalnya melihat posisi mainannya, melihat rak buku dan sebagainya.

Fase usia ini juga menjadi saat yang tepat dalam mengajarkan mengenai materi-materi sederhana. Memperkenalkannya nama-nama hewan ataupun tumbuhan yang lengkap dengan sajian ilustrasi menjadi salah satu cara yang tepat dalam meningkatkan aspek kognitifnya. Caranya dalam berpikir menjadi terlatih dengan baik dan tentunya akan membuahkan hasil apabila dilakukan dengan rutin.

Banyak contoh lainnya yang menunjukkan perkembangan aspek ini, termasuk juga kemampuannya dalam membalikkan mainannya, mencoret buku dengan alat tulis dan sebagainya. Keinginan yang tinggi untuk mencoba menggunakan benda-benda di sekitarnya menjadi sebuah hal yang baik.

Setiap fase pertumbuhan tentu mengalami perbedaan dari pertumbuhan dan perkembangannya. Diperlukan nutrisi dan stimulasi yang tepat untuk pertumbuhan optimal. Stimulasi sebaiknya diberikan sesuai dengan usia dan rutin, sedangkan nutrisi bisa diberikan dalam bentuk makanan bergizi dan dilengkapi dengan susu pertumbuhan untuk anak usia di atas 1 tahun. Memberinya dukungan dengan susu untuk perkembangan otak anak juga diperlukan.

Hadirnya Wyeth Nutrition dengan beberapa varian  susu S-26 GOLD, yaitu S-26 Procal GOLD (Susu Pertumbuhan untuk anak 1 -3 tahun) dan S-26 Promise GOLD (susu bubuk untuk anak 3 tahun ke atas) dapat mendukung kebutuhan nutrisi si Kecil. S-26 Procal GOLD dan S-26 Promise GOLD dengan formula MULTIEXCEL™ αLipids System® membantu Mam mendukung potensi si Kecil dan kemampuan belajarnya yang progresif agar Dari Belajar Jadi Hebat. Dukung terus Si Kecil agar mengembangkan kemampuan kognitifnya. 

%d bloggers like this: