Blog Terbaik Seputaran Informasi

Baru Lulus D3, Lebih Bagus Langsung Kerja Atau Ekstensi D3 ke S1 Ya?

15

Dalam beberapa survei, disebutkan bahwa ada banyak lulusan SMA yang lebih memilih untuk mengikuti kuliah diploma (D3) ketimbang S1. Hal ini pun bukan tanpa alasan, biasanya alasan yang paling sering ditemukan adalah bahwa mereka tidak diterima saat memilih jurusan S1 di kampus ternama, atau ada juga yang memilih D3 lantaran dinilai lebih siap kerja, namun ujung-ujungnya malah ekstensi D3 ke S1

Secara umum, kuliah D3 memang lebih mengedepankan praktikum ketimbang teori sehingga ada beberapa perusahaan yang memilih jurusan D3 untuk siap pakai bekerja, namun kenyataannya justru lebih banyak perusahaan yang memilih setingkat S1. Disinilah para lulusan D3 mulai bimbang untuk melanjutkan hidupnya, antara langsung bekerja atau kuliah lagi mengambil S1.

ekstensi d3 ke s1
ekstensi d3 ke s1

Buat Anda yang masih bingung dengan pilihan seperti ini maka disarankan untuk menyimak kekurangan dan kelebihan keduanya terlebih dahulu yang akan disampaikan oleh IDS Colllege, simak berikut ini: 

Pilihan langsung bekerja 

Saat mengikuti perkuliahan diploma (D3) biasanya mahasiswa akan mengikuti program magang. Disini, akan dilihat bagaimana kinerja dari mahasiswa tersebut, jika memang bagus maka selanjutnya akan langsung dijadikan karyawan, dan tidak akan di sia-siakan oleh perusahaan tempat Anda magang tersebut. 

Dengan begini, pengalaman lah yang berbicara dibanding hanya harus mengikuti berbagai macam teori yang didapat dari kuliah S1. Nah, di sela-sela bekerja nantinya Anda masih bisa mengikuti program ekstensi yang jadwal perkuliahannya antara sore atau malam. Jadi, sembari bekerja Anda juga bisa sembari meningkatkan level pendidikan Anda. 

Sayangnya, kalau kamu mengikuti perkuliahan D3 maka kamu tidak bisa masuk ke ranah manajerial. Sehingga ketika kamu ingin mendapatkan posisi yang lebih baik, maka kamu harus segera mengikuti ekstensi perkuliahan ke jenjang S1. Namun seringkali, orang yang sudah bekerja maka akan terjebak dalam zona yang nyaman dan menjadi malas untuk kembali berkuliah. 

Pilihan ekstensi kuliah 

Kemudian ada pilihan untuk mengikuti program ekstensi D3 ke S1 dimana beberapa kampus bersedia menerima mahasiswa ekstensi ini, salah satunya IDS Digital College. Lantas, apa saja yang menjadi keuntungan bagi para mahasiswa D3 yang ingin ekstensi menuju S1, Diantaranya seperti: 

  • Saat menjalani ekstensi, maka ilmu yang Anda gunakan semasa perkuliahan D3 masih segar dalam ingatan dan akan lebih mudah untuk menjalani perkuliahan S1. 
  • Jika Anda sudah mengikuti program ekstensi S1 ini maka Anda akan lebih mudah mendapatkan jangkauan serta akses menuju berbagai pekerjaan dalam ranah manajerial, seperti manajer dan lain sebagainya. Jadi, jika Anda benar-benar mengejar karir di perusahaan Anda, maka sangat disarankan untuk mengikuti kulaih ekstensi ini.
  • Saat lulus S1 dan hendak mencari kerja, maka Anda akan memiliki nilai lebih dibanding pelamar lainnya, karena memiliki jangkauan ilmu yang lebih luas yakni S1 dan D3. 

Kira-kira itulah tadi beberapa kelebihan dan kekurangan dari pilihan antara ekstensi D3 ke S1 atau langsung bekerja setelah lulus kuliah D3. Bagaimana menurut Anda? manakah pilihan yang akan Anda pilih? Jika Anda tertarik untuk mengikuti program ekstensi ini atau berminat untuk mendalami ilmu seputar teknik informatika, maka Anda bisa langsung bergabung bersama IDS Digital College dengan mengunjungi website www.ids.ac.id 

Disini, Anda akan dibina dan dipersiapkan menjadi calon tenaga ahli hebat di bidang teknik informatika dimana saat ini industri digital sangat berkembang secara cepat dan besar. Jadi, jangan lewatkan kesempatan ini, segera bergabung bersama IDS Digital College sekarang juga! 

%d bloggers like this: