Blog Terbaik Seputaran Informasi

Mengenal Jenis Ovutest yang Digunakan Untuk Cek Kesuburan

8

Ovutest atau test pack kesuburan merupakan sebuah alat pengukur yang dipakai untuk melihat kapan terjadinya masa ovulasi seorang wanita. Dibandingkan dengan memprediksi masa ovulasi atau masa subur, menggunakan ovutest akan jauh lebih akurat. Ovutest sendiri dapat ditemukan dalam beberapa jenis yang berbeda. Cara menggunakan ovutest dari setiap jenisnya tersebut juga berbeda. Sebagai informasi, berikut ini adalah jenis ovutest yang ada di pasaran:

Ovutest Strip

Ovutest strip merupakan alat pengukur masa subur dengan menggunakan urin sebagai sampel. Untuk mendapatkan hasil yang akurat, waktu pengukuran dianjurkan pada pukul 10.00 hingga 20.00. Selain itu, Anda juga tidak boleh menggunakan sampel dari urin pertama setelah bangun tidur karena mampu mempengaruhi ketepatan dari hasil tes.

cara menggunakan ovutest
cara menggunakan ovutest

Ovutest Scope

Jika ovutest strip menggunakan urin sebagai sampel, maka lain halnya dengan ovutest scope yang menggunakan air liur sebagai sampel. Cara menggunakan ovutest scope yaitu dengan mengambil sampel berupa air liur, kemudian mengoleskannya pada permukaan scope. Hasil nantinya akan muncul setelah 30 hingga 60 menit dari pengambilan sampel.

Ovutest Digital

Sama halnya dengan ovutest strip, ovutest digital juga menggunakan sampel berupa urin. Namun cara menggunakannya terbilang lebih mudah karena Anda hanya perlu menyalakan alat uji digital yang ada. Selanjutnya masukkan tip menyerap ke dalam sampel dan tunggu selama 10 detik. Tutup test stick dan letakkan alat pada bidang kering dan datar. Hasil bisa dilihat dalam waktu 3 menit sejak pengambilan sampel.

Ovutest Femometer

Ovutest femometer menjadi salah satu alat pengukur masa kesuburan yang paling digemari. Pasalnya, alat ini menggunakan suhu basal tubuh untuk mendapatkan hasil pengukuran. Alat ini juga terbilang paling akurat karena mampu menjabarkan 105.5% lebih detail dibandingkan alat lainnya. Adanya aplikasi Femometer yang bisa dikoneksikan dengan ovutest femometer juga membuat hasil lebih akurat lagi.

Itulah berbagai jenis ovutest yang bisa Anda temukan di pasaran. Ovutest kini menjadi alat yang wajib untuk ibu miliki di rumah. Tidak hanya untuk mengetahui masa subur saja, ovutest juga bisa digunakan untuk memahami siklus bulanan. Seluruh ovutest yang ada di atas bisa Anda dapatkan dengan mudah secara offline maupun online.

%d bloggers like this: