Blog Terbaik Seputaran Informasi

Kadin Minta Pengembangan Industri di Indonesia

7

Salah satu pengembangan industri yang ada di negara Indonesia adalah wisata dan ekonomi kreatif. Maka dari itu Kamar Dagang dan Industri Indonesia (Kadin) minta pemerintah untuk segera mereformasi pembangunan dan penyelenggaraan ekonomi kreatif di Indonesia. Hal itu untuk memaksimalkan potensi ekonomi dari kedua sektor tersebut. Perlu reformasi secara keseluruhan baik dari sisi perizinan, pelayanan, promosi kita harus gencar, harus juga menciptakan sesuatu hal yang unik dan beda juga.

Dalam hal ini bisa pengembangan Industri di Indonesia yang akan di dorongnya. Pengembangan Industri di Indonesia dalam bidang pariwisata dan ekonomi kreatif perlu didukung dengan ekosistem yang kondusif. Antara lain dengan pemerintah pusat, pemerintah daerah, pelaku ekonomi kreatif dan masyarakat. Salah satu harapan dengan kolaborasi dan sinergi pemerintah, industri kreatif ini bisa memberi manfaat. Ini membutuhkan ekosistem yang besar.

Pemerintah juga perlu mengoptimalkan teknologi informasi, memperluas dan memetakan potensi wisata serta sentra ekonomi kreatif yang ada dengan konsumen. Saat ini Industri kreatif semakin penting untuk dikembangkan sebagai upaya mendukung kesejahteraan dan perekonomian nasional.  Kreativitas manusia adalah sumber daya ekonomi utama dan bahwa industri di abad ke 21 akan sangat tergantung pada produksi pengetahuan melalui kreativitas dan inovasi. 

Sedikitnya, ekonomi kreatif dibagi ke dalam 16 subsektor, diantaranya arsitektur, desain interior, desain-komunikasi-visual (DKV), desain produk, fashion, film-animasi-video, fotografi periklanan, kerajinan (kriya), kuliner, musik, pengembang aplikasi & permainan, penerbitan, periklanan, tv dan radio, seni pertunjukan, dan seni rupa.

Berdasarkan catatan Kadin, pada tahun 2017 ekonomi kreatif menyumbang PDB hingga Rp 1.000 triliun, kemudian meningkat Rp 1.105 triliun di tahun 2018, dan diprediksi bertumbuh menjadi Rp 1.211 triliun di tahun 2019. Dari angka tersebut, ada tiga subsektor unggulan yang menyumbang pertumbuhan tertinggi yakni kuliner, fashion dan kriya.

Sedangkan film, musik dan pengembangan aplikasi dan permainan menjadi sub sektor prioritas. Itulah beberapa pembahasan pengembangan Industri di Indonesia yang salah satunya di dorong oleh KADIN (Kamar Dagang dan Industri Indonesia).  

%d bloggers like this: