Saturday, 20 April, 2024

Tips Merawat Bayi Agar Tumbuh Sehat


perkembangan bayi

Setiap orang tua pastinya ingin bayinya tumbuh sehat dan cerdas. Untuk mencapai hal tersebut tentunya harus dapat merawat bayi dengan tepat. Begitu pun jika anda ingin memiliki bayi yang cerdas. Kini kita dapat memperoleh informasi mengenai perawatan bayi bisa mengunjungi websitenya Bidan Sela.

Walaupun pada dasarnya faktor genetik yang berpengaruh terhadap kecerdasan anak, namun perawatan yang baik juga sangat berpengaruh terhadap perkembangan anda. Berikut ini ada beberapa cara merawat bayi agar tumbuh dengan sehat dan cerdas, diantaranya:

1. Mencukupi kebutuhan nutrisi bayi

Hal yang paling penting dilakukan untuk memperoleh bayi yang sehat dan cerdas adalah memenuhi kebutuhan nutrisinya. Nutrisi yang dibutuhkan bayi lebih banyak terutama zat besi, zinc kalsium, vitamin dan omega 3.

Sumber nutrisi yang paling baik untuk bayi adalah ASI, selain sebagai sumber makanan yang baik, ASI juga dapat melindungi bayi dari serangan penyakit. Maka jangan ragu untuk menyusui eksklusif hingga 6 bulan dan teruskan hingga 2 tahun yang Moms karena itu sangat baik untuk bayi anda.

2. Tidak terlalu membatasi ruang gerak bayi

Bayi juga membutuhkan ruang gerak untuk melatih kemampuan motoriknya. Untuk itu biarkan bayi bergerak secara leluasa, jangan biarkan bayi terlalu lama di dalam stroller. Dengan membiarkan bayi bergerak bebas, maka tulang dan ototnya dapat berkembang dengan baik dan optimal.

3. Menjaga kesehatan bayi

Kesehatan bayi juga sangat penting untuk kita perhatikan. Ada banyak cara untuk menjaga bayi tetap sehat, yaitu dengan menjaga kebersihannya, rutin memandikan dan mengganti baju bayi juga popoknya. Selain melakukan kebiasaan baik, bayi juga butuh imunisasi untuk menjaga daya imunnya dimasa yang akan datang.

4. Membangun hubungan dekat dengan bayi

Moms kita juga perlu melakukan hubungan dekat dengan bayi, dengan begitu dia akan belajar tentang hal di sekelilingnya seperti siapa saja yang berinteraksi dengannya. Untuk itu anda harus sering-sering menggendong dan menyentuhnya agar ia merasa familiar dengan anda.

Itulah beberapa tips merawat bayi yang baik dan benar. Perkembangan bayi yang optimal dikarenakan tubuh bayi yang sehat dan pintar karena perawatan yang baik.